2

Walau Memulai Bisnis Mudah dan Tanpa Modal, Tetap Harus Lakukan 5 Hal Ini

Di artikel sebelumnya yang berjudul 8 Manfaat Memiliki Mentor Bisnis Online, sudah tertulis beberapa hal yang harus dipelajari oleh pebisnis. Agar semuanya berjalan lancar, dan tentu Anda tidak mungkin ingat sangat detail dan satu per satu, maka sebaiknya sebagai pebisnis harus rajin mencatat. Mencatat bisa membuat Anda mendokumentasikan perjalanan bisnis sekaligus memudahkan dalam membuat evaluasi rutin nantinya.

Terlihat sederhana ya harus mencatat? Tapi masih banyak pebisnis yang tidak melakukannya. Padahal, dengan Anda rutin melakukan pencatatan, secara tidak langsung bisa membuat bisnis lebih cepat melesat. Lalu, pebisnis harus punya catatan apa? Setidaknya catat 5 hal sederhana tetapi penting, seperti berikut ini.

Satu. Punya catatan impian.

Mulai sekarang, catat semua impian yang ingin Anda raih. Baik itu impian dalam bidang bisnis, bersama keluarga, hingga ibadah. Jika Anda mencatat impian tersebut dan tulisannya dipajang di dinding, maka setiap hari pasti tanpa sengaja melihatnya serta membacanya. Secara tidak sadar bisa mendorong Anda siap beraktivitas demi mencapai impian tadi.

Dua. Punya catatan keuangan.

Selain mencatat impian, Anda harus punya catatan keuangan sedetail mungkin. Misalnya, hari ini cuma laku 1 buah produk, ya tetap dicatat. Atau, kemarin mengambil 3 ribu rupiah pakai uang kas bisnis untuk membeli mie instan, tetap wajib dicatat. Biar tahu, bisnisnya itu rugi atau untung?

Tiga. Punya catatan target.

Sudah punya catatan impian, kan? Dari impian tersebut, Anda bisa membuat rencana akan melakukan apa saja? Sebaiknya breakdown rencana tadi menjadi to do list harian. Kemudian tentukan target harian agar target meraih impian besar tadi nantinya tercapai. Biar mudah, bisa mencatat target harian di Metrik pencapaian yang sudah terbukti selama setahun dipakai dan bisa membantu mengejar target.

Untuk informasi mengenai alat pendukung pencapaian target, bisa menggunakan Metrik Pencapaian, lalu silahkan bisa KLIK DI SINI.

Empat. Punya database.
Yang nggak kalah penting lagi adalah catatan database. Antara lain data kontak lengkap suplier, reseller, sampai customer. Data kontak lengkap itu seperti nama, nama bisnisnya, no HP, akun media sosialnya. Tujuannya, ketika Anda membutuhkan mereka dan HP mendadak rusak, Anda bisa melihat buku catatan untuk tahu nomer HP mereka.

Lima. Punya catatan manajemen waktu.

Agar semua semua aktivitas bisa berjalan lancar, Anda harus memiliki manajemen waktu. Catatlah to do list Anda setiap hari lalu pajang catatan tadi di dinding. Jadi, tahu apa yang harus dilakukan pada jam-jam tertentu. Hal itu membuat waktu Anda diisi dengan lebih efektif dan efisien.

Lalu, apakah Anda sendiri sudah punya 5 catatan penting di atas? Jika belum, buat sekarang juga, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 2 comments
Belajar Bisnis Online di Mana Saja? | INDSCRIPT CREATIVE - a few months ago

[…] Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Walau Memulai Bisnis Mudah dan Tanpa Modal, Tetap Harus Lakukan 5 Hal Ini? Maka, salah satu hal penting adalah belajar bisnis. Pasalnya, ilmu adalah salah satu modal penting […]

Reply
Bukan Hanya Catatan Pengeluaran, Tapi Pebisnis Wajib Mencatat Ini | INDSCRIPT CREATIVE - a few months ago

[…] informasi di artikel sebelumnya, yang berujudul Walau Memulai Bisnis Mudah dan Tanpa Modal Tetap Harus Lakukan 5 Hal Ini, memang catatan keuangan itu sangat penting. Ternyata, tidak hanya catatan keuangan saja yang […]

Reply

Leave a Reply: