Usaha Kecil Sukses: Hadapi Kompetitor

Sebelumnya, Anda sudah harus membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena meski berbisnis dari rumah tetap harus dikelola secara profesional agar bisa berkembang. Selain itu, mudahnya berbisnis online membuat siapa saja bisa mulai berbisnis, bahkan dari rumah saja. Artinya, jumlah kompetitor juga banyak. Tapi Anda bisa hadapi dengan cara ini:

Yang pertama adalah miliki value.

Value adalah nilai yang dimiliki oleh produk Anda, atau jasa Anda, atau pelayanan Anda, atau perusahaan Anda, atau bahkan diri Anda sendiri sebagai pemilik bisnis. Value ini umumnya unik sehingga bisa jadi tidak dimiliki oleh kompetitor. Akhirnya, konsumen memilih Anda, bukan kompetitor, karena value tersebut.

Contoh value itu seperti produk dengan bahan khusus sementara kompetitor tidak pakai bahan tersebut (untuk yang berbisnis produsen), atau menawarkan training yang tidak ditawarkan oleh kompetitor (bagi yang berbisnis jasa), atau ada CSR untuk pembebasan riba (value perusahaan), dan lainnya. Value bisa Anda dapatkan dari apa yang unik dari bisnis Anda?

Yang kedua adalah miliki value termasuk dalam hal pelayanan.

Seperti informasi di atas, kalau salah satu value bisa dari segi pelayanan, yaitu ada pelayanan lebih yang tidak dimiliki oleh kompetitor, sehingga konsumen lebih nyaman membeli di tempat Anda. Pelayanan adalah standar yang harus Anda lakukan, atau tim customer service (CS) Anda, ketika berhadapan langsung dengan konsumen, baik lewat online atau offline.

Contoh value di pelayanan bisnis itu seperti Anda membebaskan konsumen untuk konsultasi. Misalnya, Anda berbisnis gamis maka bisa membuka jasa konsultasi seputar fashion muslimah, baik kepada konsumen yang belum pernah membeli, hingga yang pelanggan setia sekali pun, sehingga konsumen lebih nyaman dengan Anda.

Yang ketiga adalah sebarkan value Anda di media sosial.

Saat ini, berbisnis dari rumah memang harus mengandalkan media sosial hingga aplikas chatting. Banyak yang menggunakan facebook (FB), instagram (IG), whatsapp (WA), dan lainnya untuk promosi. Termasuk, Anda bisa promosikan value Anda yang berbeda dengan kompetitor di media sosial tersebut.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.