Tujuan Copywriting bagi Pebisnis

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus belajar copywriting. Copywriting merupakan teks yang secara tidak langsung menggiring pembaca agar mengikuti arahan dari isi tulisan. Artinya, pembaca tidak menyadari kalau tengah membaca iklan, tapi seperti informasi seputar produk atau jasa yang menarik, sehingga merasa produk atau jasa tersebut layak dipakai. Untuk itu, sebagai pebisnis setidaknya tahu perihal copywriting seperti apa yang tepat untuk bisnisnya.

Satu, mengajak membeli secara tidak langsung.

Tujuan copywriting adalah mengajak tanpa terkesan ada ajakan secara langsung. Dalam tulisan copywriting, sangat menghindari kata “belilah”, “produk ini sangat menarik”, “pakai jasa ini agar”, dan lain-lain. Ada baiknnya menghasilkan tulisan yang menarik, infomatif, dan tidak bertele-tele.

Dua, pastikan tulisannya fakta.

Sebagai pebisnis, pastikan pula kalau semua informasi di dalam naskah copywriting tersebut adalah benar. Jangan pernah membuat tulisan yang sifatnya berbohong hanya demi menaikkan angka penjualan. Tonjolkan apa keunggulan produk atau jasa Anda bila dibandingkan dengan kompetitor. Hal tersebut yang akan diingat oleh pembaca dan membuat naskah copywriting lebih menarik.

Tiga, pilih gaya tulisan bercerita.

Agar tidak terkesan berjualan, naskah copywriting haruslah seperti bercerita atau storytelling. Buatlah alur cerita yang menarik lalu digiring ke informasi produk atau jasa. Sebaga contoh, jasa Anda adalah wedding organizer. Anda dapat menceritakan kalau hari ini baru saja ada pernikahan dengan konsep unik. Kemudian jelaskan apa keunikan tersebut lalu selipkan nama usaha Anda.

Empat, perhatikan gaya bahasanya.

Yang tidak kalah penting adalah perhatikan gaya bahasa tulisan copywriting. Pastikan kalau Anda menggunakan bahasa yang mewakili segmen bisnis. Jika produk atau jasa Anda untuk remaja, maka gunakanlah bahasa sehari-hari, gaul, dan santai. Anda pun dapat menulis mengenai tips khas dunia remaja dengan menyelipkan informasi seputar bisnisnya.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat hal-hal penting di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: