Trik Menulis agar Efektif Walau Sibuk Bekerja

Di artikel sebelumnya yang berjudul Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari yang Harus Diketahui, salah satunya bisa dilakukan oleh calon penulis. Namun, banyak orang yang ingin menerbitkan buku tetapi mengaku tidak sempat menulis. Padahal, banyak juga penulis produktif yang juga berprofesi sebagai pebisnis, karyawan, hingga ibu rumah tangga. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat manajemen waktu agar bisa mengisi 24 jam setiap hari secara maksimal, seperti berikut ini.

Langkah pertama adalah membuat daftar to do list Anda dalam satu hari.

Contohnya, Anda seorang karyawan yang kos di ibu kota, maka dapat membuat daftar kegiatan mulai bekerja, mengurus kamar kos, menulis, jalan-jalan, membaca buku, dan lainnya. Anda bisa memisahkan daftar tersebut berdasarkan hari, yaitu di hari kerja dan Sabtu-Minggu.

Selanjutnya, Anda harus memahami kapan mampu mengurus hal satu, dan kapan tepatnya mengerjakan hal yang lain.

Sebagai contoh, Anda pebisnis yang ingin menulis buku sekaligus mampu menjadi pembicara. Maka, dapat membuat jadwal dari pagi sampai sore adalah waktunya mengembangkan usaha, malam khusus menulis selama dua jam, sementara masih menjadi pembicara di hari Sabtu atau Minggu.

Berikutnya, menaati setiap jadwal kegiatan yang sudah Anda buat.

Buat komitmen jika melanggar akan mendapatkan hukuman. Hukuman bisa berupa mengerjakan kegiatan yang tertinggal sebanyak dua kali, atau membayar denda dan masuk di tabungan, serta yang lainnya. Hukuman tersebut dapat menjadi motivasi Anda untuk terus bersikap konsisten pada manajemen waktu.

Kemudian, Anda harus memasang target setiap menulis.

Contohnya, setiap menulis harus menyelesaikan minimal 1 halaman. Ketika ternyata berhasil lebih dari 1 halaman juga tidak apa-apa. Anda bisa menaikkan targetnya sesuai kemampuan saat itu. Idealnya, target selalu naik secara bertahap.

Terus, pastikan Anda memiliki reward dan punishment.

Tujuannya agar semangat bisa mengejar target menulis. Contoh reward tersebut adalah Anda akan mendapatkan hadian berupa ke salon jika seminggu berhasil mencapai target. Sedangkan contoh punishment adalah membayar 10 ribu rupiah setiap tidak mencapai target. Pilih reward dan punishment yang benar-benar bisa mendorong Anda produktif menulis.

Jangan lupa, catat di agenda khusus.

Dengan mencatat, Anda lebih tahu apa saja yang harus dikerjakan dan ingin diraih. Selain itu, catatan bisa memudahkan Anda memetakan rencana dalam meraih impian sebagai penulis.

Salah satunya adalah Agenda Remaja Prestatif. Didesain khusus agar Anda setiap hari mencatat tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini, rasa sedih hari ini, keburukanku, kebaikanku, dan kata mutiara. Agenda Remaja Prestatif dapat digunakan oleh siapa saja hingga bisa menjadi kado unik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis? Semangat!

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com