1

Trik Menulis agar Bisa Menjadi Penulis Produktif

Ingin ibu rumah tangga (IRT) yang sekaligus penulis? Buat manajemen waktu dahulu dengan mengikuti tips di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mengatur Pekerjaan Rumah Tangga Sambil Berbisnis dan Menulis.

Profesi penulis sangat cocok bagi IRT karena sebagian besar bersifat lepas. Hal ini membuat faktor produktifitas bergantung pada penulis itu sendiri. Berbeda dengan karyawan yang memiliki supervisor, sehingga ada tuntutan agar menuntaskan pekerjaan sesuai jadwal. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang ingin menjadi penulis produktif. Bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

Langkah pertama membuat rencana matang seputar aktivitas menulis.

Baik itu dari segi waktu menulis sampai tema yang ingin ditulis. Setiap penulis mengetahui betul jam berapa dapat maksimal menulis. Selain itu dengan membuat daftar tema tulisan. Contohnya, hari Senin untuk menulis novel, hari Selasa menyelesaikan naskah untuk lomba nonfiksi, dan lain-lain.

Selanjutnya, Anda sendiri yang menentukan deadline untuk masing-masing tulisan.

Sebagai contoh, Anda ingin mengikuti lomba A dengan batasan akhir pengumpulan tanggal 10. Maka dapat membuat deadline sendiri, yaitu harus menuntaskan naskah untuk kompetisi tersebut pada tanggal 5. Bisa juga, sekaligus membuat tenggat waktu untuk menyelesaikan novel B sampai akhir bulan ini.

Pastikan Anda juga menyempatkan diri untuk membaca.

Buku merupakan amunisi penting seorang penulis. Lewat membaca buku, dapat menambah pengetahuan seputar kata, cara penyampaian, sampai alur tulisan. Ada baiknya Anda membaca buku yang masih satu genre dengan naskah yang tengah ditulis. Hal tersebut untuk meningkatkan mood menulis lewat gaya tulisan tertentu.

Tahap yang paling penting adalah konsisten menulis.

Lagi-lagi, keputusan ada di pihak Anda sendiri sebagai penulis. Setiap penulis pasti lebih tahu sejauh mana kemampuan menulis setiap harinya. Mulai satu halaman, sepuluh halaman, atau justru sampai puluhan halaman. Berapa pun jumlah halaman yang Anda sanggupi, yang penting terus menulis setiap hari.

Ketika sudah menjadi penulis produktif haru mampu menghasilkan karya secara berkala. Mirip air yang mengalir dengan hasil tulisan yang terus mengucur. Sebagai salah satu buah dari kerja keras penulis. Selain mendapatkan materi, penulis produktif menunjukkan sikap konsisten sekaligus dapat meningkatkan skill menulis.

Salah satu cara agar menjadi penulis produktif adalah punya target menulis harian yang ditulis di Amazing Giant Calendar. Dengan menulis target harian, maka akan selalu mengingatkan Anda untuk produktif menulis. Amazing Giant Calendar sangat direkomendasikan bagi pebisnis, penulis, dan profesi apapun agar produktif. Pasalnya, mendorong pemilik kalender mencari ide harian dan bisa dikaitkan dengan momen hari tersebut. Informasi mengenai Amazing Giant Calendar bisa KLIK DI SINI.

Siap menjadi penulis produktif? Petakan semua program harian Anda di Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 1 comments
Ingin Jadi Penulis? Lakukan 10 Hal Ini Dulu | INDSCRIPT CREATIVE - 6 months ago

[…] di artikel sebelumnya yang berjudul Trik Menulis agar Bisa Menjadi Penulis Produktif, maka artikel selanjutnya adalah 10 hal yang harus dilakukan oleh calon […]

Reply

Leave a Reply: