Tips untuk Online Copywriting

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar membuat Anda bisa lebih antisipatif terhadap kemungkinan akan menghadapi berbagai masalah. Selain itu, Anda harus memaksimalkan media sosial untuk promosi, dengan teknik copywriting agar tidak terlihat beriklan. Meski begitu, Anda harus perhatikan hal-hal ini dalam membuat copywriting.

Yang pertama, copywriting itu harus selesai atau tidak menggantung.

Tentu beda membuat copywriting dengan menulis novel. Kalau di novel, Anda boleh membuat ending yang menggantung. Sedangkan di copywriting harus jelas maksud pesan itu apa, meski secara tidak langsung sebenarnya berjualan. Jadi, pilih 1 pesan utama dalam membuat copywriting dan selesaikan tanpa membuat pembaca bingung.

Yang kedua, bisa diubah atau disesuaikan.

Membuat copywriting itu tidak harus seperti itu terus-menerus. Tetapi, sesekali bisa ada sedikit perbedaan. Misalnya, biasanya minimal menyebutkan 1 kata produk, maka sesekali boleh tidak menyebutkan produk tapi pembaca sudah tahu produknya apa dari foto atau karena memang pembaca adalah pelanggan jadi pasti tahu.

Yang ketiga, ada nilai tambah.

Coba Anda di posisi pembaca, sudah membaca dengan judul yang menarik, ternyata setelah membaca malah isinya jualan aja. Tentu Anda akan kecewa, kan? Maka, pastikan jika isi copywriting tersebut bermanfaat. Misalnya, Anda memberikan tips yang diperlukan target market, meski Anda menyelipkan 1 kata nama produk yang dijual.

Yang keempat, bisa diperkirakan cakupannya.

Anda harus tahu siapa target marketnya? Dengan begitu Anda akan membuat copywriting dengan gaya penulisan yang disukai oleh target market. Contohnya, target market Anda adalah remaja, maka bisa menggunakan bahasa gaul sehingga lebih disukai oleh pembaca yang juga konsumen Anda. Begitu pula jika target market Anda adalah IRT maka pilih tema tulisan yang dekat dengan dunia para ibu.

Yang kelima, isinya hal sederhana.

Nggak perlu bingung sampai pusing bagaimana membuat copywriting. Anda bisa membuat tips sehari-hari yang dibutuhkan oleh target market. Misalnya, target market Anda adalah IRT maka bisa membagi tips manajemen waktu lalu selipkan informasi produk yang Anda jual.

Yang keenam, bisa diuji.

Hasil dari copywriting bisa menjadi bahan evaluasi. Kira-kira, copywriting seperti apa yang mendatangkan banyak like? Atau yang membuat banyak teman memberi komentar atau share? Hingga copywriting yang mana bisa mendatangkan closing langsung? Artinya, copywriting Anda harus bisa diuji sehingga kelak bisa melakukan perbaikan untuk meningkatkan omset.

Nah, untuk memudahkan Anda membuat promosi online memang maksimalkan akun media sosial saja. Anda cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: