Tips untuk Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, karena sebagai panduan Anda bagaimana bisa menghindari dari masalah bisnis. Selain itu, banyak sekali ibu rumah tangga (IRT) yang kini menjadi pebisnis dari rumah. Untuk mendukung kesuksesan berbisnis Anda, maka perhatikan beberapa hal berikut ini.

Yang pertama adalah harus memiliki manajemen waktu.

Salah satu masalah bagi IRT yang berbisnis adalah mengaku kalau nggak sempat berbisnis karena sudah sibuk menajdi IRT, atau sibuk mengelola bisnis sampai suami dan anak-anak protes karena seolah terlupakan. Padahal, bisnis dan menjadi IRT itu bisa berjalan berdampingan asal punya manajemen waktu terlebih dahulu.

Yang kedua adalah konsisten dengan manajemen waktu.

Sudah punya manajemen waktu, kan? Maka selanjutnya adalah Anda cukup konsisten terhadap manajemen waktu tersebut. Nggak susah, kok, kan hanya melakukan jam sekian harus ngapain, jadi tahu kapan waktunya berbisnis sehingga bisa maksimal, dan kapan mengurus rumah tangga. Sebaiknya, pajang manajemen waktu Anda di dinding.

Yang ketiga adalah perlahan-lahan Anda harus berani rekrut tim.

Jangan takut nanti nggak bisa kasih gaji. Justru, ketika Anda mulai rekrut tim, meski dimulai dari 1 orang saja, setidaknya ada 1 orang lain lagi yang selalu mendoakan kesuksesan bisnis Anda. Selain itu, jadikan tim bukan beban karena harus membayar gaji, tapi motivasi untuk membuat mereka bahagia.

Yang keempat adalah boleh kok melibatkan anak dalam berbisnis.

Biarkan anak melihat aktivitas bisnis ibunya seperti apa. Misalnya, sejak bayi Anda terbiasa mengajak anak ketika ada seminar bisnis, kopdar komunitas bisnis, dan acara bisnis lainnya. Lalu ketika balita juga melihat Anda membaca buku bisnis, menjadi pemimpin tim, yang juga bisa dilihat oleh anak Anda.

Yang kelima adalah teruslah belajar.

Menjadi pebisnis, meski Anda sudah menjadi IRT yang sudah lulus sarjana pun, tetap harus belajar bisnis. Pasalnya, tentu ada hal yang berbeda dengan ilmu di bangku sekolah atau kuliah dulu. Contohnya, dulu belum ada jualan lewat online, tapi sekarang Anda justru jualan online.

Yang tidak kalah penting adalah belajar mengelola keuangan bisnis. Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: