Tips Tinggal di Luar Negeri Versi Penulis

Kali ini ada dua penulis yang kebetulan tinggal di luar negeri. Terus, mau bocorin soal tips tinggal di negeri orang. Asyik! So, buat kamu yang punya plan studi atau merantau di luar Indonesia, ceki berikut ini, ya.

Ada Julie Nava sebagai penulis buku “Memoar Imam Shamsi Ali:Menebar Damai di Bumi Barat”yang saat ini menetap di Amerika Serikat. Ada empat saran yang wajib diketahui. Satu, bersiaplah untuk mandiri. Soalnya, tinggal di luar negeri berarti harus siap belajar segalanya. Misal, menyetir, memasak, mencari nafkah, dan lain-lain. Pokoknya harus siap untuk jadi serba bisa dan tidak manja.

Dua, juga harus mandiri pas cari informasi dan biasakan cross check. Apalagi sudah ada Google yang bisa dimanfaatkan untuk menggali info secara optimal. Kamu juga bisa datang ke perpustakaan setempat buat membaca. Lalu, perluas pergaulan dengan masyarakat sekitar, jangan cuma berkumpul dengan sesama orang Indonesia terus. Oke?!

Tiga, biasakan diri hidup hemat karena biaya hidup di luar negeri relatif tinggi. Tapi ada rahasianya kok. Kamu enggak perlu merasa gengsi karena tidak memakai barang bermerk. Tenang, orang di sekitar tidak akan peduli dengan brand di tubuh. Yang diperhatikan adalah kamu bisa apa. Alright! Jangan malu untuk bergaya hidup sederhana, tuh.

Empat, jangan nanggung. Kalau sudah bertekad tinggal di luar negeri, maka jadilah warga dunia global a.k.a global citizens. Bersikaplah terbuka, perbanyak wawasan, dan perluas jaringan pergaulan. Sip!

Ada juga tips dari Dian Akbas, penulis buku “Womenpreneur Checklist” yang menetap di Turki. Nah, kamu harus beradaptasi dengan budaya lokal. Yang paling penting harus belajar bahasa agar memudahkan komunikasi dengan orang sekitar. Kalau setiap hari berkomunikasi dengan bahasa setempat akan membuat kamu jadi terbiasa. Walaupun awalnya terbata-bata, nanti juga akan lancar. Oh ya, Dian juga sampai belajar masak kuliner Turki, lho. Coba deh intip resep di blog pribadinya http://turkishfoodsrecipes.blogspot.com.tr/. Siapa tahu kamu mau terbang ke Turki.

Indscript Creative sendiri ingin memudahkan bagi siapa saja yang berbisnis atau menjadi penulis, termasuk lewat training menulis atau training bisnis. Anda bisa mendapatkan informasi produk Indscript DI SINI.

Like jika kamu siap studi di luar negeri

Share buat kawan kamu yang akan merantau

Anda punya pertanyaan apa soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.