Tips Penulisan Product Knowledge

Bagaimana caranya menciptakan sebuah product knowledge yang bagus itu? Begini, ketika di hadapan pelanggan, kita ingin memperlihatkan citra yang mengisyaratkan bahwa produk kita bisa dipercaya dan tepercaya. Untuk melakukan hal tersebut kita harus tahu apa yang sedang dibicarakan ini. Terlebih lagi, kita harus tahu bagaimana cara terbaik membantu pelanggan mendapatkan keinginannya. Apa saja tips penulisan product knowledge itu? Yuk, simak berikut ini.

  1. Memahami fitur-fitur dan keuntungan produk yang akan kita tuliskan. Berapa harga dan biaya produksinya. Lalu apa kemampuan terbaik produk tersebut agar saat mempromosikan nanti Anda percaya diri. Kenapa harus seperti itu? Karena pelanggan membuat keputusan untuk membeli barang secara emosional terlebih dulu sebelum memutuskan secara rasional.
  2. Pastikan Anda memiliki daftar fitur-fitur produk baru yang komprehensif dan apa saja keuntungannya bagi pelanggan. Jika Anda tidak tahu keuntungannya, tanyakan pada diri sendiri sebelum menuliskan fitur tersebut. Hal ini termasuk dalam tips penulisan product knowledge.
  3. Memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai harga yang bersaing di pasaran dan apa yang akan didapatkan oleh pelanggan jika mereka membeli produk Anda. Masalah yang seringkali muncul di sini adalah kekuatan menjual sering tidak tahu apa yang menjadi harga produk itu sebenarnya. Apa yang dimiliki produk tersebut sehingga dilabeli harga sebanyak itu.
  4. Anda harus pastikan memiliki banyak persediaan produk sebelum mempublikasikan produk tersebut ke pelanggan. Pada saatnya nanti, Anda tidak ingin ditanya oleh pelanggan yang ingin segera membeli tetapi persediaan produk tersebut tidak ada. Kondisi ini jika diketahui oleh pelanggan akan membuat perusahaan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan transaksi yang sama di kemudian hari.
  5. Observasi produk yang akan Anda tuliskan atau lakukan percobaan untuk diri sendiri sebelum menuliskan kelebihan-kelebihan kemudian memberitahukannya kepada pelanggan. Yang pasti, ketika Anda sedang menuliskan mengenai product knowledge salah satu produk atau jasa, maka Anda wajib memahami lebih dalam dan mengetahui semua fitur produk tersebut sehingga saat dipublikasikan pada pelanggan, Anda lebih percaya diri dan bisa menjawab semua pertanyaan pelanggan.

Itulah sedikit tips penulisan product knowledge yang bisa Anda ketahui dan pahami. Semoga bermanfaat.[]