Tips Menulis yang Baik Meski Banyak Pesaing

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua tips tersebut dapat Anda lakukan di dalam rumah dan bisa menjadi penulis yang produktif. Selain itu, dalam menulis buku banyak penulis lain yang tergolong kompetitor. Lalu bagaimana menyikapi mereka? Berikut ini yang bisa Anda perhatikan.

Yang pertama adalah tidak apa-apa jika semakin banyak jumlah penulis saat ini dan di kemudian hari.

Yakin saja, setiap orang itu punya keunikan sendiri jadinya meski temanya sama, tetap gaya menulisnya ada perbedaan. Jadi tidak perlu galau jika semakin banyak jumlah penulis, karena sekarang aksesnya juga semakin banyak dan terbuka.

Yang kedua adalah justru bisa belajar dari penulis yang ada.

Baik itu penulis yang baru atau sudah lama. Jadi, Anda bisa belajar menulis dari siapa saja. Misalnya, kalau dari penulis baru bisa belajar bagaimana proses mereka merintis menjadi penulis hingga bisa seperti sekarang. Untuk penulis lama juga bisa belajar cara terus produktif.

Yang ketiga adalah belajar dari penulis lain mengenai mendapatkan ide.

Pernah membaca buku lalu Anda berkomentar, “Keren nih, idenya kok bisa dapat menarik kayak gini ya?” Nah, Anda juga bisa belajar bagaimana mereka mendapatkan ide menulis yang sebenarnya dekat dengan dunia Anda tapi tidak terpikirkan sama sekali. Jadi bukan pesaing 100% juga.

Yang keempat adalah belajar dari penulis lain tentang cara menulis.

Ketika Anda membaca buku, lalu suka dengan cara menulisnya yang ringan tapi informasinya padat, atau mereka menulis tentang hal berat (seperti kesehatan, keuangan, hukum, dan lainnya) tapi ditulis dengan ringan sehingga orang awam pun bisa paham.

Yang kelima adalah belajar promosi dai penulis lain.

Kenapa harus promosi? karena promosi adalah ujung tombak buku sehingga sebagus apapun tulisan Anda, jika tidak promosi ya tidak akan ada yang membaca. Maka tetap maksimalkan promosi agar pembaca itu bisa datang. Apalagi bisa promosi dari rumah seperti menggunakan facebook (FB).

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com