Tips Menulis yang Baik Ketika Libur

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua tips tersebut dapat Anda lakukan di dalam rumah dan bisa menjadi penulis yang produktif. Selain itu, bagi penulis tentu pernah mengalami masa nggak mood menulis. Merasa sudah lama di depan komputer tapi tidak bisa menulis sama sekali.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat jadwal kapan menulis.

Jadi, jangan tunggu sempat menulis baru menulis, ya. Biasanya, β€œPengen nulis, lagi santai nih, tapi drama Korea-nya lagi bagus, nonton sebentar ah.” Meski niatnya sebentar tapi kenyataannya bisa lama kan? maka jadwalkan jam berapa saja Anda harus menulis dan konsisten sama janji tersebut.

Yang kedua harus Anda lakukan adalah membuat target menulis setiap harinya.

Misalnya, Anda ingin menulis buku dan baru tahu kalau membuat 1 buku itu membutuhkan naskah sekitar 120 halaman. Tentu itu menjadi hal yang berat. Tapi beda jika Anda pasang target sehari menulis 1 halaman saja, maka dalam 120 hari naskahnya selesai.

Yang ketiga harus Anda lakukan adalah konsisten menulis.

Jika sudah punya jadwal menulis, dan sudah punya target menulis, maka selanjutnya adalah Anda harus berkomitmen untuk mematuhi hal tersebut. Jika tidak bisa mematuhi, ya tidak akan bisa mewujudkan impian menjadi penulis. Caranya, catat jadwal dan target menulis harian, lalu pasang di dinding.

Yang keempat harus Anda lakukan adalah mengetahui apa mood booster menulis Anda?

Ini juga sangat penting untuk Anda ketahui karena bisa semakin memudahkan dan mendorong Anda untuk konsisten menulis. Mood booster itu bisa berupa segelas kopi, atau menulis sambil mendengarkan musik, atau hal lainnya selama positif dan bisa membuat Anda semangat.

Yang kelima harus Anda lakukan adalah, jika patuh dengan 4 poin di atas maka Anda sudah bisa punya buku, selamat!

Tentu hal ini menjadi impian Anda kan? maka lakukan 4 hal tersebut yang sebenarnya mudah. Tapi harus dari dalam diri sendiri yang bermomitmen.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.