Tips Menulis untuk IRT: Pasang Target

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT. Pasalnya, tips tersebut sangat mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi penulis. Selain itu, salah satu hal yang harus dilakukan oleh penulis agar produktif adalah memiliki target. Berikut ini penjelasan target untuk IRT yang menjadi penulis.

Yang pertama yaitu (calon) penulis wajib punya target

Pengen bisa menyelesaikan minimal 1 tulisan saja? ya harus punya target. Misalnya, pengen bisa punya 1 naskah buku sekitar 120 halaman, ya bisa cukup pasang target 1 hari 1 halaman. Jadinya, dalam 120 hari atau 4 bulan bisa punya 1 naskah, lho.

Yang kedua yaitu buat target dengan tepat

Bingung cara menentukan target? Takut kalau terlalu tinggi jadinya malah lelah menulis, atau terlalu sedikit juga bisa kurang produktif menulis. Nah, coba cek biasanya Anda sanggup menulis berapa banyak dalam sehari? Ya segitu saja dulu targetnya. Misal, cuma bisa nulis setengah halaman, ya tidak apa-apa.

Yang ketiga yaitu tentukan target harus yang sesuai kemampuan

Jangan jadikan aktivitas menulis itu seperti beban. Misalnya, pokoknya harus bisa menulis 30 halaman setiap hari, jadinya malah begadang, lupa makan, atau anak juga terbengkalai. Jadi, harus membuat target yang sesuai kemampuan, ya. Misal, ada lomba menulis buku tapi targetnya sebentar, ya bisa mengajak teman untuk duet.

Yang keempat yaitu pasang target sedikit dahulu

Boleh kok memasang target menulis sedikit, asal konsisten dikerjakan setiap hari. Biasanya, nanti lama-lama semakin meningkat kok targetnya. Misalnya gini, awalnya hanya bisa menulis setengah halaman selama 1 jam, karena konsisten lama-lama bisa menulis 1 halaman dalam waktu 1 jam, lalu bisa menulis 2 halaman selama 1 jam, dan seterusnya.

Yang kelima yaitu tidak lupa tugas utama

Misalnya sebagai IRT ya jangan sampai terlalu sibuk mengejar target sampai melupakan tugas utamanya adalah mengurus rumah tangga. Jadi, harus seimbang antara tugas utama dan pengembangan diri ya.

Untuk memudahkan Anda mencapai impian tersebut, maka mudahnya silahkan mengikuti panduan di Writing Board (salah satu Superboard dari Indscript) yang memang didesain khusus untuk kalangan IRT.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.