Tips Menulis Press Release agar Menarik

Jika di artikel sebelumnya berjudul Ide Kreatf dan Inovatif dalam Wirausaha, maka di artikel ini khusus membahas salah satu promosi yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha, yaitu menulis press release.

Press release atau informasi yang disebarkan kepada pihak media, merupakan salah satu alat untuk promosi bisnis. Sebagai pebisnis, tentu Anda harus mengetahui bentuk tulisan seperti apa yang tepat di dalam press release. Dengan tujuan menarik perhatian media serta pembaca kelak. Untuk itu, berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika menulisnya.

Yang pertama adalah perhatikan judul press release.

Untuk menyusun kalimat judul, pilihlah yang memikat, mencuri mata pembaca, serta memetik rasa penasaran. Judul tidak wajib menyertakan nama produk atau jasa bahkan perusahaan, kecuali branding-nya sudah sangat kuat di mata khalayak luas. Justru pilih yang singkat, padat, dan menimbulkan tanda tanya.

Selanjutnya, yang harus Anda perhatikan adalah satu paragraf pertama.

Paragraph pertama atau lead tersebut lebih baik berisi sepenggal inti dari isi press release, tetapi masih menyisakan tanda tanya agar pembaca terus penasaran. Contohnya, Anda menuliskan tentang inovasi produk yang unik dan baru ada di pasar, sehingga pembaca akan terus membaca tulisan hingga titik terakhir.

Tentu saja, yang paling utama adalah perhatikan isi press release.

Buatlah sebuah cerita yang mengalir agar pembaca menikmati layaknya sebuah kisah daripada informasi kaku seputar produk atau jasa. Sebagai contoh, Anda menulis untuk jasa travel, maka dapat membuat cerita perjalanan dengan berbagai destinasi wisata yang baru dan informasi fasilitas detail selama liburan.

Berikutnya, jangan lupa selipkan informasi mengenai produk atau jasa yang ingin Anda promosikan.

Ada baiknya menulis informasi tersebut secara tepat agar tidak terlihat hard selling. Misalnya, produk A dengan varian B, atau jasa A dengan fasilitas menarik antara lain B, C, D, dan masih banyak lagi. Info tersebut tidak perlu panjang, tetapi pendek dan mewakili bisnisnya.

Yang paling penting adalah press release ditutup dengan informasi kontak.

Kontak tersebut adalah nama, alamat, nomo telepon, website, akun media sosial milik perusahaan. Data kontak tersebut sangat bermanfaat bila pembaca ingin mencari informasi lebih lanjut dari membaca press release.

Menjadi pebisnis, ada baiknya tentu memperhatikan dunia penulisan. Khususnya yang berkaitan dengan bisnisnya. Terlebih, saat ini setiap pelaku usaha dapat melejit melalui tulisan. Press release bisa menjadi salah satu alat promosi.

Agar bisnis Anda kian maksimal, bisa masukkan jadwal menulis press release pada 30 program marketing setiap bulan, lalu catat 30 program marketing di Amazing Giant Calendar. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Nah, jadi pebisnis ya harus suka menulis, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com