Tips Menulis: Pentingnya Komunitas Menulis Online

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Pasalnya, untuk menjadi ibu rumah tangga (IRT) yang juga berbisnis atau menjadi penulis, wajib memiliki manajemen waktu agar tugas sebagai IRT tetap berjalan lancar.Selain itu, Anda harus aktif di komunitas menulis online. Kenapa?

Yang pertama karena komunitas online itu sangat cocok bagi IRT.

Dengan adanya grup WA, atau grup FB, grup telegram, dan lainnya, membuat banyak orang yang tidak bertatap muka jadi mengenal lewat komunitas online. Anda tidak perlu ke luar rumah untuk belajar menulis karena umumnya komunitas itu sama-sama sebagai tempat berkumpul dan belajar.

Yang pertama karena komunitas online itu membuat Anda bisa kenal banyak orang dari mana saja.

Lewat aktif di komunitas online, Anda bisa bertemu dengan editor penerbit sementara Anda ingin menerbitkan buku, atau bertemu dengan pebisnis yang membutuhkan jasa copywriting Anda, atau terbuka kerja sama menulis bersama-sama, dan masih banyak lagi.

Yang ketiga karena di komunitas online itu membuat Anda bisa mendapatkan kerja sama.

Ada banyak peluang kerja sama ketika Anda aktif di komunitas menulis online. Antara lain, sama-sama ingin membuat proyek menulis lewat buku antologi, sama-sama ingin membuat pelatihan content writer dengan narasumber tepat, sama-sama ingin bekerja sama dalam bentuk lainnya sehingga Anda produktif dari rumah.

Yang keempat karena di komunitas online itu Anda bisa melakukan me time atau refreshing.

Bagi IRT, tetap manusia yang membutuhkan hiburan. Tahu kah jika mengikuti kopdar itu bisa menjadi me time? Atau bisa menjadi agenda refreshing meski kopdarnya membawa anak-anak, karena para anak akan bermain bersama dan para ibu bisa belajar menulis bersama.

Yang kelima karena komunitas online itu sangat banyak.

Ada banyak pilihan komunitas menulis yang berlaku secara online di masa kini. Silahkan gooling lalu akan menemukan banyak pilihan. Kemudian, Anda bisa pilih berdasarkan hal yang disukai. Misalnya, memilih yang mayoritas IRT agar lebih nyaman juga.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.