Tips Menulis Naskah Profil

Sebelumnya, Anda sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena semua tips tersebut mudah dilakukan oleh kalangan ibu rumah tangga (IRT) agar produktif menulis dari rumah. Selain itu, Anda bisa menulis tentang profil seseorang. Keuntungannya, Anda lebih mudah menggali data untuk penulisan naskah. Berikut ini caranya:

Yang pertama adalah menulis profil pebisnis.

Ada banyak pebisnis di masa kini, karena berbisnis online sangat mudah untuk mulai dan bisa dijalankan dari mana saja. Maka, Anda pilih pebisnis yang menarik, seperti ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah tapi punya reseller yang banyak dan dari berbagai pelosok daerah.

Yang kedua adalah menulis profil dari sosok yang inspiratif.

Inspiratif ini tidak harus pebisnis. Misalnya, anak muda yang peduli lingkungan dan bikin komuniats go green dengan segmen anak muda juga, atau IRT yang konsisten mengurangi sampai hingga bisa β€œmenularkan” kepada IRT di sekitarnya, atau anak muda berbisnis dan melakukan pemberdayaan IRT di sekitar.

Yang ketiga adalah menulis profil pasangan yang menarik.

Misalnya, pasangan yang menikah muda dan berhasil melalui berbagai tantangan rumah tangga hingga menua, atau pasangan yang berbisnis dari nol dan masih sukses bersama-sama, atau pasangan yang mendukung gerakan go green sehingga membuat kampungnya bersih serta minim sampah, dan lainnya. Tidak harus pasangan suami istri juga.

Yang keempat adalah menulis profil orang yang sukses.

Orang sukses ini bisa berbagai pilihan. Antara lain, pebisnis yang sukses karena dari modal minim sekarang bisa membeli rumah dan aset lainnya hanya lewat berbisnis, atau orang tua yang sukses memiliki semua anak-anaknya sebagai penghafal Al Quran, dan sosok menarik lainnya.

Yang kelima adalah menulis profil siapapun asal punya β€œnilai”.

Seperti penjelasan sebelumnya, yang dimaksud punya β€œnilai” itu seperti sosok yang bermanfaat bagi banyak orang, inspiratif, yang sudah terbukti sukses. Tujuannya, ada pelajaran dari perjalanan hidupnya yang menarik bagi pembaca.

Jadi, mulailah mencari sosok yang tepat dan menulis dari sekarang.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.