Tips Menulis Mudah dengan Lakukan Hal Ini

Apakah Anda masih belajar menulis? Pastikan sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Hal Ini bagi yang Belajar Menulis. Selanjutnya, jika Anda ingin menjadi penulis, sebaiknya melakukan hal sederhana ini setiap hari. Mungkin terlihat sederhana tapi sangat berpengaruh agar Anda lekas menjadi penulis yang produktif. Apa saja 6 hal sederhana itu?

Satu, mencari ide menulis.

Kenapa harus setiap hari? Karena ide menulis itu sebenarnya ada di sekitar Anda. Lalu, untuk membiasakan Anda peka akan datangnya ide, maka latihan mencari ide menulis setiap hari. Usahakan, Anda menemukan 1 ide menulis setiap harinya. Agar tidak hilang begitu saja, catat ide Anda di agenda. Bisa jadi, ide tersebut berguna saat menulis besok-besok.

Dua, menulis.

Ingin jadi penulis? Ya harus menulis setiap hari agar Anda terbiasa menulis. Bahkan bisa membuat ada yang kurang ketika tidak menulis dalam 1 hari. Anda bisa menulis yang pendek-pendek dulu. Misalnya, setiap hari harus menulis 1 paragraf. Yang penting, rutin menulis setiap hari.

Tiga, membaca.

Dunia menulis erat kaitannya dengan bacaan. Baik membaca buku, membaca di media online, hingga menonton film pun bisa memberi inspirasi untuk menulis. Misalnya, baru saja membaca novel inspirasi, lalu membuat Anda ingin menulis seperti itu juga, karena hidup Anda penuh lika-liku dan ada hikmah di setiap kejadian yang pernah dialami.

Empat, belajar hal baru.

Menjadi penulis, Anda juga harus belajar dan terus belajar. Misalnya saja, soal EBI atau ejaan bahasa Indonesia yang benar. Anda bsia belajar sedikit demi sedikit sehingga tulisan Anda telih rapi dan sesuai EBI. Contoh lainnya, untuk menulis novel bisa bertahap belajar membuat outline, mencari twist, dan masih banyak lagi.

Lima, berdoa.

Jangan lupa berdoa. Anda bisa meminta mendapatkan ide, meminta kemudahan menjadi penulis, dan hal positif lainnya. Doa bisa membuat Anda merasa tenang dan menjadi penulis tanpa beban.

Agar mudah diingat, Anda bisa mencatat lima hal di atas di Agenda Remaja Prestatif. Isinya apa aja sih? Ada catatan khusus tugas sekolah, tugas rumah, tugas untuk diri sendiri, rasa syukur hari ini agar selalu bahagia, rasa sedih hari ini agar jadi pelajaran, keburukanku dan kebaikanku untuk belajar melakukan evaluasi diri, hingga kata mutiara sebagai media belajar menulis.

Agenda Remaja Prestatif bagaikan sahabat anak muda yang ingin mengisi masa mudanya dengan hal-hal positif. Anda bisa mencatat tugas harian, rasa syukur, hingga pengalaman pahit agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bisa digunakan untuk anak sendiri atau kado menarik. Informasi mengenai Agenda Remaja Prestatif bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan apa soal menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: