Tips Menulis: Ketika Merasa Tulisannya Jelek

Sebelumnya, Anda sudah membaca Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena manajemen waktu adalah kunci agar IRT tetap bisa melesatkan bisnis atau produktif menulis. Khusus untuk yang suka menulis, pada awalnya kerap merasa, “Ah, tulisan saya kok jelek terus.” Lalu, bagaimana menyikapinya? Berikut ini yang bisa Anda lakukan.

Yang pertama adalah wajar kok kalau Anda merasa seperti itu.

Sebenarnya, semua naskah yang di draft pertama itu pasti masih banyak kekurangannya. Yang jelas, tugas pertama penulis adalah menuntaskan naskah hingga selesai. Baru nanti ada momen selft editing yang membuat naskah Anda baru akan semakin menarik. Jadi, tuntaskan dulu baru lakukan self editing.

Yang kedua adalah harus percaya diri dengan tulisan Anda, karena…

Iya, Anda juga harus percaya diri dengan tulisan Anda, selama isinya selalu positif. Misalnya, tidak menjelekkan pihak lain, atau kalau isinya kritik juga disampaikan dengan santun. Kalau isinya hal baik, kenapa harus malu dengan tulisannya? Pasti bermanfaat kok bagi pembaca.

Yang ketiga adalah konsisten menulis.

Dengan konsisten menulis, maka Anda akan terbiasa bagaimana menyusun alur naskah yang tepat, bagaimana memilih kata yang pas, hingga semakin cepat menulis juga. Mungkin pada awalnya, menulis 1 artikel itu butuh waktu seminggu. Tapi setelah konsisten menulis, maka kelak bisa menulisnya hanya 1 jam saja.

Yang keempat adalah jangan lupa untuk membaca.

Dengan membaca, maka otak akan dituntut untuk bergerak, untuk berpikir, untuk terasah membuat tulisan seperti di buku tersebut. Bisa jadi, setelah membaca, Anda jadi tahu harus melakukan revivi naskah di bagian mana saja, atau ada yang dapat ide tulisan baru. Jadi, jangan berhenti membaca.

Yang kelima adalah diskusi dengan teman yang juga suka menulis.

Pasti dong, Anda punya teman yang suka menulis. Selain itu, bisa bergabung di komunitas menulis sehingga bertemu dengan orang-orang yang suka menulis juga. Anda bisa mengajak mereka berdiskusi, seperti bedah cerpen. Jadi setiap orang bisa kasih saran.

Untuk memudahkan Anda mencapai impian tersebut, maka mudahnya silahkan mengikuti panduan di Writing Board (salah satu Superboard dari Indscript) yang memang didesain khusus untuk kalangan IRT.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: