Tips Menulis: Ingin Menjadi Penulis Apa?

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, karena menunjukkan semua ibu rumah tangga (IRT) punya peluang yang sama untuk menjadi penulis. Apalagi, saat ini ada banyak pilihan profesi yang mengandalkan aktivitas menulis. Profesi apa sajakah itu? Berikut ini 5 profesi dulu, meski masih banyak pilihan lainnya.

Yang pertama adalah menjadi penulis buku.

Untuk menjadi penulis buku, Anda memang harus menulis naskah sekitar 120 halaman, lalu mengirimkan ke penerbit yang tepat. Jika mendapatkan ACC, maka akan ada revisi dari editor penerbit, dan bisa terbit hingga buku sampai di rak toko buku. Selain itu, ada juga pilihan penerbit indie.

Yang kedua adalah menjadi penulis naskah cerita atau script writer.

Anda bisa menjadi penulis naskah cerita untuk film, film pendek, sinetron, ftv, dan lainnya. Intinya memang membutuhkan keahlian untuk berimajinasi sehingga bisa membuat cerita menarik dan ada hikmahnya. Tentu ada bentuk naskah tersendiri dan berbeda dengan menulis buku atau tulisan lainnya.

Yang ketiga adalah menjadi copywriter.

Copywriter adalah orang yang membuat naskah iklan. Naskah iklannya bisa muncul di iklan media cetak, iklan di media luar ruang, naskah iklan yang dibacakan di radio hingga televisi, naskah iklan di media sosial, dan masih banyak lagi. Tentu isi naskahnya berupa ajakan untuk membeli produk atau jasa.

Yang keempat adalah menjadi content writer.

Dengan berkembangkan website dan blog, maka butuh banyak content writer. Seoarng content writer biasanya diminta membuat tulisan untuk artikel online, yang di dalamnya ada kata kunci tertentu. Dari kata kunci tersebut diharapkan tulisannya akan mudah terindex oleh mesin pencari google.

Yang kelima adalah menjadi bloger.

Bloger juga bisa menjadi salah satu pilihan profesi yang menjanjikan. Seorang bloger ada yang harus melakukan liputan, layaknya wartawan, untuk mendapatkan data. Kemudian, mereka menuliskannya secara subyektif di blog pribadinya. Bisa bisa kerja sama review produk tanpa harus ada liputan.

Untuk memudahkan Anda mencapai impian tersebut, maka mudahnya silahkan mengikuti panduan di Writing Board (salah satu Superboard dari Indscript) yang memang didesain khusus untuk kalangan IRT.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com