Tips Menulis bagi yang Tengah Nggak Mood Menulis

Cara Menerbitkan Buku Gratis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar termotivasi pasti bisa produktif dari rumah dengan menulis. Selain itu, menjadi penulis yang profesional pun pasti pernah mengalami masa nggak mood menulis. Bisa karena jenuh, atau lagi banyak pikiran, atau hal lainnya. Tapi, Anda harus tetap produktif menulis dengan cara ini.

Yang pertama adalah membaca buku.

Bagi penulis, buku adalah β€œsenjata” penting karena bisa mengembalikan mood menulis, atau yang tadinya blank mau menulis apa jadi terinspirasi menulis hal yang sama dengan di buku, hingga termotivasi saja ingin menjadi penulis di buku tersebut. Maka, ketika nggak mood menulis bisa usahakan membaca buku.

Yang kedua adalah melihat film.

Ada banyak referensi menulis yang bisa diambil dari film, baik itu film lokal, film Bollywood, drama Korea, film Hollywood, hingga film indie dari berbagai negara juga bisa. Dengan melihat film bisa mendorong Anda untuk ingin bisa membuat cerita seperti film tersebut meski dalam bentuk tulisan.

Yang ketiga adalah mengobrol dengan siapa saja.

Sebenarnya, mengobrol bisa mengembalikan mood menulis. Pasalnya, mungkin setelah mengobrol membuat Anda lebih rileks sehingga setelahnya mampu lancar menulis. Bisa juga mengobrol seperti diskusi dengan teman sesama penulis jadinya dapat solusi hingga pencerahan menulis. Apalagi bagi perempuan yang butuh mengeluarkan 20ribu kata per hari tentu mengobrol adalah hal menyenangkan.

Yang keempat adalah berkebun di rumah saja.

Anda suka berkebun? Coba matikan komputer Anda, atau tutup laptop Anda, kemudian melangkah ke kebun miliki pribadi Anda hingga sepuasnya. Bagi beberapa orang, ada juga berkebun menjadi salah satu refreshing yang bisa mengembalikan mood menulis. Tentu tidak harus punya kebun besar, tapi minimal mengurus sedikit tanaman juga menarik.

Yang pertama adalah memasak saja.

Anda punya hobi memasak? Maka coba memasak untuk mengembalikan mood menulis. Misalnya, mencoba resep baru, atau membuat kreasi resep yang lain, atau membuat makanan kesukaan Anda maupun keluarga. Bahkan, itu semua bisa jadi bahan tulisan, lho.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript. Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!