Tips Menulis bagi Pemula

Sebelumnya, Anda harus membaca ini >>> Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena agar sukses berbisnis atau jadi penulis meski sibuk sebagai ibu rumah tangga (IRT), kuncinya punya manajemen waktu. Selain itu, setiap hal yang pertama adalah hal penting. Termasuk, naskah yang pertama Anda buat. Kenapa?

Yang pertama adalah naskah pertama Anda adalah naskah yang bersejarah.

Bukankah hal itu benar? Anda tentu tidak ingin klik delete file naskah pertama Anda meski merasa banyak kekurangan di dalamnya? Pasalnya, itu adalah karya pertama Anda, meski mungkin belum bsia diterbitkan dan justru naskah yang selanjutnya yang berhasil terbit dahulu.

Yang kedua adalah di naskah pertama umumnya banyak melakukan kesalahan.

Hal tersebut tergolong wajar kok. Semua hal yang pertama pasti memiliki banyak kekurangan, lalu Anda memperbaikinya sehingga naskah yang berikutnya jauh lebih menarik. Makanya, naskah pertama paling banyak ditolak penerbit. Tidak jarang, Anda sudah menerbitkan beberapa naskah tapi yang pertama justru belum pernah.

Yang ketiga adalah naskah pertama Anda bisa jadi ditolak karena tema tersebut sudah lewat booming-nya.

Misalnya, beberapa waktu lalu Anda membuat naskah pertama tentang novel dengan setting kuliner kekinian yaitu es kepal. Tapi, tentu akan susah diterbitkan sekarang jadi trend es kepal sudah menurun, sehingga tidak ada penerbit yang siap menerimanya.

Yang keempat adalah naskah pertama Anda adalah naskah yang perlu banyak revisi.

Anda masih bisa kok melakukan revisi naskah pertama Anda. Tapi sebaiknya tidak terlalu banyak karena sejarah naskah pertama itu tidak hialng begitu saja. Misalnya, tetap menceritakan es kepal tersebut meski sekarang tidak se-booming dahulu, karena ada di inti cerita.

Yang kelima adalah lakukan self editing lagi di naskah pertama tersebut.

Saat ini, Anda bisa meluangkan waktu untuk self editing naskah pertama tersebut. Misalnya, memperbaiki kata yang salah, atau yang ternyata baru tahu tidak sesuai dengan Panduan Umum Ejaan Bahasa Indoensia (PUEBI), atau lalu kirimkan ke BUKUIN Aja!

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript.

Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja! Lalu bagi Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.