Tips Menulis bagi Calon Penulis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT, agar termotivasi pasti bisa produktif dari rumah dengan menulis. Selain itu, bagi penulis baru umumnya menghadapi masalah yang sama. Beberapa hal di bawah ini contohnya, dan disertakan pula solusi yang harus Anda lakukan agar produktif menulis.

Masalah yang pertama adalah tidak punya ide.

Padahal, ide itu sangat banyak berada di sekitar Anda, tapi Anda hanya perlu jeli untuk menangkapnya. Contohnya, ibu rumah tangga juga bisa punya banyak ide. Buat yang suka memasak maka bisa menulis resep, buat yang suka bermain bersama anak bisa membuat tips kegiatan bersama anak.

Masalah yang kedua adalah mentok ketika menulis.

Ada juga yang sudah punya ide, lalu sudah mencoba menulis, tapi tidak pernah berhasil menuntaskannya. Maka, Anda harus memilih menulis 1 ide dulu, lalu paksakan bisa menulis sampai selesai. Yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan 1 naskah dulu, tanpa perhatikan menarik atau tidak dulu.

Masalah yang ketiga adalah tidak punya waktu untuk menulis.

Semua penulis bisa produktif karena mereka membuat jadwal kapan harus menulis. Jadi, jangan tunggu ada waktu luang baru menulis, karena umumnya justru mengisinya dengan liburan atau jalan-jalan, kan? Jadi, buat jadwal setiap hari harus menulis jam berapa? Sebentar juga tidak masalah kok.

Masalah yang keempat adalah justru tidak tahu harus menulis apa dulu.

Bagi yang mengaku sudah punya ide, lalu masalah berikutnya adalah tidak tahu harus menulis apa dulu. Solusinya adalah Anda harus menulis apa saja yang ada di otak saat itu, jangan pedulikan dulu apakah menarik atau tidak, karena tujuannya adalah terbiasa untuk menuangkan pikiran lewat tulisan dulu.

Masalah yang kelima adalah dipaksa lalu terbiasa.

Coba Anda ingat, bagaimana Anda punya kebiasaan tertentu? Misalnya, sekarang terbiasa bangun pagi, bisa jadi karena Anda memasang alarm lalu meminta suami untuk membangunkan Anda jika tidak bangun pagi. Awalnya berat kan? lama-lama jadi terbiasa dan santai. Begitu pula dalam menulis.

Bagi yang sudah memiliki naskah tapi bingung diterbitkan di mana, atau yang punya naskah tapi ditolak oleh penerbit, maka Anda tetap bisa mewujudkan mimpi menerbitkan buku di BUKUIN aja! Naskah buku akan difinishing oleh layouter, editor, desainer cover, plus 2 sample buku cetak, dengan harga sangat terjangkau. Bagi yang belum ada naskah bisa memulai dari nol dengan mengikuti kelas menulis dari Indscript. Konsultasikan mengenai naskah atau tanya training menulis dengan Miss Writing KLIK DI SINI aja dan bilang kalau Anda tertarik diskusi mengenai BUKUIN aja!