Tips Mengenali Selera dan Perilaku Konsumen

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, agar memudahkan Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan bisnis atau menulis secara seimbang. Khusus dalam berbisnis, Anda harus menjual apa yang dicari oleh konsumen, bukan apa yang Anda sukai saja. Berikut ini penjelasannya:

Yang pertama adalah bertanya langsung kepada konsumen.

Anda bisa bertanya lewat menulis status FB kira-kira sukanya gamis seperti apa. Bisa juga mengadakan riset sederhana dengan japri konsumen jika mau ikut menjawab, dan yang beruntung bisa mendapatkan produk gratis. Selain itu, sempatkan mengobrol santai dengan konsumen karena di sela-sela obrolan tersebut bisa sambil mengenali selera mereka.

Yang kedua adalah, konsumtn itu terkadang kerika ditanya justru tidak bisa menjawab sehingga harus ada pilihan.

Dalam melakukan riset, bisa menyiapkan beberapa pilihan jawaban, tapi usahakn ada pilihan jawaban kosong, sehingga konsumen bisa juga memilih atau punya jawaban tersendiri. Pasalnya, setiap konsumen itu tetap berbeda-beda. Ada yang suka pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban, ada juga yang suka esai.

Yang ketiga adalah Anda harus memosisikan sebagai konsumen.

Anda bisa melakukan riset sendiri, seperti membayangkan diri sendiri sebagai konsumen. Lalu, tanyakan kepada diri sendiri sebenarnya suka dengan produk seperti apa? Atau membutuhkan jasa yang bagaimana? Bisa juga bertanya pengennya itu ada produk atau jasa seperti gimana?

Yang keempat adalah dari kritik konsumen.

Kritik dari konsumen bisa menjadi “harta” ketika Anda akan melakukan evaluasi. Jadi, jangan bete dulu ketika ada komplain dari konsumen. Justru, Anda bisa mencatatnya sebagai bahan ketika akan melakukan evaluasi. Bahkan, dari kritik tersebut bisa menjadi ide inovasi sehingga bisnisnya menjadi lebih baik lagi.

Yang kelima adalah siap menghadapi kegagalan.

Ada kalanya, Anda sangat percaya diri melakukan inovasi dari pasti akan diterima oleh konsumen. Tetapi setelah berjalan, justru omzet Anda merosot tajam. Nah, lakukan evaluasi apakah memang Anda tidak cocok melakukan program itu, atau ada hal yang harus diperbaiki di program tersebut.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: