Tips Mengatasi Usaha Selalu Gagal

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini khusus membahas buat Anda, yang merasa sudah punya strategi, atau inovasi, atau program bisnis, tapi selalu berujung gagal. Sebaiknya, lakukan intropeksi dengan cara berikut ini.

Satu, tentukan apa tujuan utama Anda?

Setiap program bisnis, harus punya tujuan utama yang dicapai apa, agar Anda tahu bagaimana mengisi program bisnis dengan tujuan meraih target tersebut. Misalnya, Anda membuat program dengan tujuan meraup omset 100juta per bulan. Nanti, di akhir bulan bisa jadi bahan evaluasi. Jika sudah sampai 100juta, artinya berhasil. Begitu pula sebaliknya.

Dua, apa programnya?

Program apa yang akan Anda lakukan untuk meraih tujuan di atas? Misalnya, Anda ingin meraup omset 100juta per bulan, maka harus punya program promosi yang kece. Selain itu, harus punya program pembinaan reseller yang menarik agar reseller tahu apa saja yang harus dilakukan agar jualannya makin mudah.

Tiga, tentukan target harian Anda dari program di atas.

Sudah punya programnya? Maka tentukan target harian agar lebih terasa ringan ketika ingin meraihnya. Misalnya, Anda ingin omset 100juta di bulan depan. Artinya, 100juta dibagi dengan 30 hari, yaitu 3juta per hari. Jika harga produk Anda adalah 200ribu, maka per hari harus bisa menjual 15 produk.

Empat, buat to do list harian.

Ingin bisa menjual 15 produk per hari? Breakdown lagi apa saja yang harus dilakukan setiap hari agar bisa berhasil. Antara lain, menulis status promosi 2x per hari, memberikan materi jualan kepada reseller yang berbeda setiap hari, dan masih banyak lagi. Anda harus mencatat semua kegiatan dan lakukan checklist apakah sudah dilakukan semua atau tidak.

Lima, temukan motivasi.

Apa motivasi Anda ingin omset 100juta per bulan? Misalnya, biar bisa semakin banyak perempuan yang menjadi reseller Anda sehingga punya penghasilan di rumah, atau biar lekas punya dana naik haji, dan yang lainn. Jadikan hal itu penyemangat untuk berbisnis.

Enam, evaluasi.

Lakukan evaluasi per akhir bulan. Apakah targetnya berhasil tercapai? Jika ya, Anda akan melakukan hal baru apa di bulan depan. Jika tidak berhasil, kenali apa penyebab gagal? Bisa karena tidak konsisten, atau kurang memotivasi reseller, dan hal lainnya.

Untuk membantu Anda meraih target, bisa menggunakan Metrik sebagai salah satu superboard. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: