Tips Membuat Artikel Sederhana dan Menarik Pembaca

Membuat artikel dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang suka menulis. Perlu diketahui, menulis artikel juga membutuhkan trik tertentu. Anda dapat mengirimkan naskah tersebut ke media cetak, konten website perusahaan, hingga sekedar menuliskan di blog sebagai portfolio.

Untuk belajar menulis artikel, Anda juga bisa mengikuti kelas menulis seperti artikel sebelumnya yang berjudul Macam-macam Kelas Menulis 2017. Sebelumnya, simak hal-hal yang wajib Anda perhatikan dalam menulis artikel berikut ini.

Yang pertama adalah menemukan ide tulisan.

Ada baiknya memilih tema tulisan berdasarkan apa yang tengah booming di kalangan masyarakat, sehingga artikel Anda akan tampak lebih menarik. Sebagai contoh, saat ini di netizen banyak yang membahas tentang travelling, maka Anda dapat menulis soal pariwisata yang belum banyak diketahui khalayak.

Selanjutnya, Anda harus bisa menentukan judul yang memikat.

Hindari judul yang justru menunjukkan kesimpulan, seperti “Rahasia Menjadi Penulis Adalah Menulis Setiap Hari”. Lebih baik, Anda ganti dengan judul “Ini Dia Rahasia Menjadi Penulis Produktif”. Judul tersebut bisa membuat pembaca akan penasaran dan membaca tulisan Anda demi mengetahui tips tersebut.

Untuk membuat isi artikel, harusnya singkat, padat, dan jelas.

Hindari penggunaan berbunga layaknya menulis novel, bahasa juga usahakan baku, dan tidak terlalu panjang dalam satu kalimat. Setidaknya, satu kalimat maksimal sekitar lima belas kata serta paling banyak tujuh kalimat dalam satu paragraf. Hal tersebut membuat mata dan proses membaca tidak membosankan.

Selain isi yang singkat, padat, dan jelas, Anda harus memperhatikan gaya penulisan tempat artikel akan diterbitkan.

Jika Anda ingin menulis untuk konten website remaja, maka baiknya juga menggunakan bahasa gaul yang mencerminkan siapa pembaca portal tersebut. Namun, jika website tersebut ditujukan untuk hal umum, artinya Anda dapat menulis artikel dengan gaya yang santai dan menggunakan bahasa sehari-hari.

Jangan lupa, maksimalkan blog pribadi Anda untuk belajar menulis artikel.

Saat ini, siapa saja bisa menulis dan tulisannya dibaca oleh banyak orang. Salah satunya dengan memaksimalkan blog dan pastikan Anda membagikan link postingan agar banyak yang membaca.

Apalagi sekarang sudah menjelang akhir tahun 2017, artinya Anda bisa menjadi penulis artikel yang produktif di tahun 2018. Caranya adalah membuat rencana setiap hari seputar menulis. Antara lain kapan harus menulis, kapan waktunya membaca, hingga kapan saja berjejaring dengan penulis lain untuk berbagil ilmu. Lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan Amazing Giant Calendar untuk menulis program menulis di tahun 2018. Dapatkan juga bonus FREE E-BOOK DAN VIDEO TUTORIAL di AMAZING GIANT CALENDAR 2018 selama masa pre-order. Untuk informasi dan pre-order, silahkan KLIK DI SINI.

Jadi penulis artikel? Bisa banget asal siapkan sejak sekarang bersama Amazing Giant Calendar.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: