Tips Kelola Bisnis Online Tanpa Utang Sama Sekali

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, karena semuanya bisa Anda lakukan di rumah dan berdampak positif bagi perkembangan bisnisnya. Selain itu, dalam berbisnis memang sebaiknya Anda menghindari utang karena bisa membuat bisnis Anda lambat berkembang, bahkan ada yang bangkrut karena terlilit utang juga.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tidak berutang untuk modal.

Anda bisa berbisnis dengan modal, bahkan tanpa modal materi juga bisa. Misalnya, punya smartphone dan koneksi internet kan? maka cari peluang bisnis sebagai marketer yang gratis. Setiap ada omzet, Anda simpan dulu untuk diputar menjadi modal berikutnya sehingga punya modal materi.

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah tidak berutang meski tengah krisis.

Maka itu, ketika merintis bisnis harus tahan keinginan Anda, karena sebaiknya Anda juga mulai mencicil dana darurat. Ketika krisis, maka Anda bisa menjual aset atau menggunakan dana darurat tersebut sehingga terhindari dari berutang. Selain itu, miliki tabungan juga sebagai dana cadangan.

Hal ketiga yang harus Anda lakukan adalah tidak berutang karena bisa menggerus omzet.

Contohnya gini, Anda berutang 5juta ke bank, lalu setiap bulan harus mencicil 150ribu (beserta bunganya). Maka ketika omzet bisnis merosot, pihak pemberi utang tidak mau tahu dan Anda tetap harus membayar cicilan atau semakin membengkak.

Hal keempat yang harus Anda lakukan adalah tidak berutang karena ada bunga.

Coba hitung, jika Anda berutang, bahkan total mengembalikan uangnya lebih banyak dari jumlah utang pokok, karena Anda harus membayar bunga bahkan bunga bisa berkembang jika Anda telat membayar cicilan. Lalu dari mana uang untuk membayar cicilan dan bunga? Ya dari omzet.

Hal kelima yang harus Anda lakukan adalah tidak berutang dengan maksimalkan promosi.

Promosi adalah ujung tombak berbisnis sehingga Anda harus tahu bagaimana melakukan promosi yang tepat. Bagi Anda yang berjualan online memang sangat mengandalkan promosi dari rumah, seperti pakai WA. Ternyata, WA juga bisa mendatangkan closing asal Anda jualan dengan cara yang tepat juga.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.