Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini lebih fokus bagaimana berjualan dari nol. Pasalnya, ada yang bilang jika Anda menjual produk yang bagus pasti akan dicari. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal ini:

Satu, perhatikan promosi.

Memang benar, sebuah produk yang bagus dan dibutuhkan oleh konsumen pasti akan laris dengan sendirinya. Meski begitu, Anda tetap membutuhkan promosi agar semakin banyak orang yang tahu produk tersebut. Apalagi, promosi adalah ujung tombak berbisnis. Jadi, kerjakan promosi secara konsisten, artinya, berpromosi tanpa jeda, atau setiap hari harus promosi.

Dua, kenali kompetitor.

Dalam bisnis, Anda juga harus tahu apa yang dilakukan oleh kompetitor. Hal tersebut sebagai bahan referensi saja. Jadi, Anda tidak perlu mengekori kompetitor, misalnya, kompetitor membuat inovasi A, maka Anda juga. Tapi sebaiknya cari inovasi apa yang belum dilakukan oleh kompetitor dan mungkin menarik perhatian target market.

Tiga, tentukan “nilai produk”.

Salah satu hal membuat konsumen mau repeat order adalah produk tersebut punya “nilai lebih”. Konsumen akan kembali order, karena hanya Anda yang menjual produk dengan “nilai lebih” tersebut. Sebagai contoh, saat ini banyak yang menjual produk fashion muslimah, tapi Anda punya “nilai lebih” yaitu menjual dengan paket pakaian muslimah dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Empat, konsumen perlu edukasi.

Meski produk Anda sangat bagus, tapi tidak melakukan promosi sehingga hanya sedikit konsumen yang tahu. Selain itu, Anda tidak melakukan edukasi seputar pentingnya produk Anda, tentu tidak membuat calon konsumen merasa butuh produk yang Anda jual. Jadi, tonjolkan kenapa konsumen memang membutuhkan produk tersebut.

Lima, berusaha agar konsumen mau “datang” kepada Anda sendiri.

Caranya, Anda bisa rutin menulis blog dengan kata kunci yang sekiranya banyak dicari oleh target market Anda. Selain itu, rutin memberikan tips di media sosial seputar apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan begitu, bisa membuat konsumen itu “datang”sendiri kepada Anda.

Agar maksimal, Anda bisa membuat target harian. Antara lain target berapa produk yang harus terjual (misalnya hanya sanggup 1 pcs dulu ya tidak apa-apa), promosi harus berapa kali setiap hari, dan lainnya. Lalu, catat laporannya di Metrik Pencapaian (salah satu Superboard dari Indscript) yang bisa dipajang di dinding sehingga Anda tidak lupa untuk mengejar target harian.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: