Tips Jualan Online: Menyikapi Sepi Order

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda sudah membaca Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena manajemen waktu adalah kunci agar IRT tetap bisa melesatkan bisnis atau produktif menulis. Selain itu, Anda juga harus mengetahui masalah dan solusi, khususnya dalam berbisnis. Salah satunya adalah bagaimana menyikapi ketika konsumen tidak ada yang repeat order?

Yang pertama adalah mungkin karena produk atau jasa Anda tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Ingat, setiap produk atau jasa itu punya target market sendiri. Bisa jadi, Anda salah β€œmenembak” target market. Misalnya, Anda membuat gamis dari bahan sederhana di kalangan menengah ke atas, pasti mereka akan kecewa karena kurang nyaman mungkin ketika dipakai.

Yang kedua adalah mungkin karena mereka nggak suka dengan bisnisnya.

Ada juga konsumen yang tidak mau repeat order, bukan karena tidak suka dengan produk atau jasanya, tapi justru dengan bisnisnya. Misalnya, Anda jualan frozen food dari merek XXX, ternyata ada berita kalau produsennya itu ada kasus dengan pihak perijinan bisnis kuliner.

Yang ketiga adalah mungkin karena mereka tidak suka dengan pemilik bisnis tersebut.

Ada, lho, konsumen yang tidak mau membeli karena nggak suka dengan pemiliknya. Misalnya, pemilik bisnisnya suka nulis status menjelekkan pihak lain, jadinya kurang nyaman beli produknya. Jadi, Anda sebagai pemilik bisnis juga tidak boleh berkalu seenaknya juga, ya.

Yang keempat adalah mungkin mereka lupa dengan bisnis Anda.

Nah, kok bisa? Ya mungkin Anda sudah jarang promosi sehingga mereka mengira Anda sudah tidak jualan lagi. Bisa juga Anda tidak menjaga komunikasi sehingga mereka juga lupa dengan Anda dan bisnisnya, kan? Sayang banget hanya karena mereka sudah lupa dengan Anda jadinya nggak membeli lagi.

Jadi, teruslah menjalin komunikasi meski belum ada repeat order dulu. Mungkin kelak mereka tidak akan pernah repeat order, tapi mereka mau rekomendasikan bisnis Anda kepada teman-temannya karena sudah sering mengobrol dan nyaman.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.