Tips Jualan Online: Kenali Proses Closing

Sebelumnya, Anda sudah membaca Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena manajemen waktu adalah kunci agar IRT tetap bisa melesatkan bisnis atau produktif menulis. Selain itu, Anda juga harus tahu proses jualan dalam berbisnis online agar bisa closing. Jadi, Anda harus melakukan beberapa tahapan berikut ini:

Yang pertama adalah Anda harus aktif berkenalan.

Bagaimana target market tahu kalau Anda jualan produk atau jasa yang mungkin mereka butuhkan? Ya Anda sendiri yang harus memperkenalkan diri. Caranya dengan aktif di komunitas yang banyak termasuk target market Anda, membuat status sharing meski ada selipan informasi kalau Anda jualan apa.

Yang kedua adalah setelah target market tahu maka Anda harus memberikan edukasi.

Setelah mereka tahu Anda jualan apa, selanjutnya adalah memberikan edukasi kalau sebenarnya mereka itu butuh produk atau jasa yang Anda jual. Misalnya, target pasar Anda adalah IRT yang suka pakai gamis, maka bisa kasih edukasi ada gamis yang nyaman buat antar jemput anak sekolah.

Yang ketiga adalah lakukan follow up.

Jika di status Anda ada yang komentar, atau ada yang japri tanya-tanya produk, mereka semua itu potensial menjadi konsumen Anda. Yang harus Anda lakukan adalah follow up. Tapi dengan kata-kata yang asyik. Misalnya, β€œUhkti, gamis ini tinggal 1 pcs, lho, sayang kalau kehabisan.”

Yang keempat adalah closing, deh.

Proses setelah follow up biasanya antara tidak jadi membeli atau closing terjadi. Jadi, sebelum closing itu terjadi, Anda harus aktif menjelaskan siapa Anda, bisnisnya apa, dan kelebihan produk atau jasa yang dijual apa. Soalnya, ada banyak pebisnsi online jadi Anda harus mau β€œjemput bola”.

Yang kelima adalah jaga komunikasi.

Mau terjadi closing atau belum pernah, Anda harus jaga komunikasi dengan target market. Mungkin, saat ini mereka belum mau membeli, tapi jika tetap menjaga komunikasi akan selalu ingat Anda, sehingga ketika mereka baru merasa butuh produk atau jasa Anda, langsung closing sendiri. Maka, tidak boleh baper jika ada penolakan.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.