Tips Bisnis Pemula: Pentingnya Tim

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Anda bisa mengikuti apa yang biasa dilakukan oleh pebisnis sukses yang semuanya dapat dikerjakan dari rumah juga. Selain itu, Anda juga harus tahu kalau setiap bisnis bisa besar karena tim, bukan owner itu sendirian. Maka, kelola tim dengan cara berikut ini:

Yang pertama, pilih tim berdasarkan kemampuan.

Menjadi pebisnis adalah seorang pemimpin. Untuk menjadi pemimpin maka harus taju keahlian setiap tim lalu menempatkannya di posisi yang pas. Misalnya, karakter orang yang teliti bisa masuk ke tim keuangan karena harus memperhatikan angka satu per satu, lalu karakter yang luwes berkomunikasi bisa masuk ke tim marketing.

Yang kedua, membuat training karyawan.

Meski anak buah Anda memiliki keahlian, tetap lakukan training secara berkala. Pasalnya, semua ilmu itu berkembang. Untuk itu, ajarkan tim untuk mencatat tugasnya apa aja. Dengan begitu, ada kejelasan apa saja yang harus dikerjakannya dari waktu ke waktu dan lebih efektif serta efisien.

Yang ketiga, mencatat tantangan yang dihadapi.

Selain meminta tim untuk mencatat tugas yang harus dikerjakan, kemudian ajak mereka untuk mencatat tantangan yang pernah dihadapi. Jika menemukan solusinya, maka mereka juga harus menyatatnya. Tujuannya, ketika nanti menghadapi masalah itu lagi akan tahu harus melakukan apa, karena cukup melihat buku catatan khusus tersebut.

Yang keempat, kenali perkembangan dan pencapaian anak buah.

Menjadi pemimpin yang melakukan delegasi tugas, bukan berarti Anda 100% melepas anak buah begitu saja. Tetapi, secara berkala harus melakukan evaluasi bagaimana kinerja anak buah. Antara lain, bagaimana perkembangan kemampuan dia dalam bidangnya? Lalu selama ini apa saja pencapaiannya? Agar, Anda tahu ke depannya apakah kinerjanya meningkat atau justru sebliknya.

Yang kelima, informasikan tim yang berprestasi.

Ini terlihat sepele tapi penting. Setiap bulan, Anda bisa membuat penghargaan satu tim yang paling berprestasi. Misalnya, reseller dengan jumlah omzet tertinggi. Dengan begitu, reseller yang berprestasi tersebut akan senang sekaligus bisa memotivasi reseller lainnya.

Untuk mendukung agar anak buah bekerja maksimal, sebaiknya setiap orang memiliki target harian dalam bekerja, lalu catat di Metrik Pencapaian (salah satu Superboard dari Indscript). Metrik sudah melalui uji coba 1 tahun dan ternyata berhasil membuat pemiliknya mencapai target. Maka, ini saatnya Anda bergabung dengan lebih dari 1.234 pebisnis yang menggunakan Metrik pencapaian.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: