Tips Bisnis Pemula: Lakukan Perbandingan

Sebelumnya, pastikan Anda sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan karena untuk memotivasi Anda kalau siapa saja bisa sukses berbisnis. Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis adalah melakukan perbandingan. Mungkin Anda masih bingung dengan melakukan perbandingan? Lebih jelasnya, Anda bisa membaca tulisan berikut ini.

Yang pertama, lebih penting siapa orangnya dari pada prosesnya.

Maka, sebelum Anda mulai berproses terjun di dunia bisnis, harus memperhatikan diri sendiri dahulu. Dimulai dari mindset yang positif, yaitu pasti bisa sukses berbisnis meski dari rumah dan menjadi ibu rumah tangga, asal mau belajar dan berusaha maksimal. Jadi, sebelum melalui proses harus dimulai dari kesiapan diri sendiri.

Yang kedua, keunikan produk jauh lebih penting dari pada fungsinya.

Ketika berjualan di masa kini, memang banyak orang yang terjun berbisnis karena semakin mudah memulainya. Maka, untuk mencuri perhatian konsumen, dari banyaknya produk yang dijual, Anda harus punya “nilai lebih” yang ada di produk tersebut. Maka, jangan hanya menjual produk yang berfungsi saja tapi harus ada “nilai”.

Yang ketiga, melakukan kolaborasi lebih baik dari pada hanya negosiasi.

Salah satu hal yang membuat bisnis Anda bisa bertahan lama adalah melakukan kolaborasi. Tapi, sebelum melakukan kolaborasi memang harus melakukan negosiasi. Perlu diketahui, tidak ada orang yang sempurna. Maka, jangan hanya melakukan negosiasi, tapi hasilnya tidak bisa 100% yang Anda inginkan, sehingga tidak ada kolaborasi.

Yang keempat, cepat merespon perubahan dari pada 100% menaati rencana.

Dunia bisnis sangatlah cepat berubah. Memang, Anda harus punay rencana terlebih dahulu lalu kerjakan program tersebut. Tapi, harus sesuai dengan kondisi di lapangan. Contohnya, bulan ini, Anda punya program “buy 1 get 1 free produk yang paling murah”. Ternyata, sampai tanggal 10 itu tidak berdampak positif bagi penjualan. Sebaiknya, Anda hentikan program tersebut.

Yang kelima, bersama-sama jauh lebih baik dari pada sendiri.

Coba perhatikan, semua bisnis yang sukses itu dikelola oleh tim, bukan pemiliknya seorang diri. Maka, Anda harus perlahan-lahan merekrut tim, seperti staf admin, hingga merekrut reseller.

Meski begitu, tanpa ilmu bisnis membuat Anda bingung bagaimana mengelola tim agar menjadi superteam? Namun, kendala bagi IRT yang berbisnis adalah waktu yang tidak banyak untuk belajar. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: