Tips Bisnis Pemula: Jangan Salahkan Orang Lain

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis? Pasalnya, banyak ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku ingin berbisnis tapi merasa tidak sempat. Maka, jawabannya adalah konsisten terhadap manajemen waktu. Nah, salah satu cara agar bisnisnya berkembang adalah tidak pernah menyalahkan orang lain, termasuk karyawan Anda.

Poin pertama, buat aturan bisnis yang tegas tapi fleksibel.

Tegas itu harus jelas standar kerja setiap karyawan. Anda bisa menggunakan Key Performa Indicator (KPI) sehingga ada batasan bagaimana karyawan yang bekerja dengan benar atau tidak. Misalnya, tim CS harusnya tidak pernah melewatkan chat dari konsumen, jika masih ada maka nilai KPI-nya tidak bagus.

Poin kedua, terkadang boleh dilanggar.

Misalnya, ada tim CS yang sengaja tidak membalas chat konsumen karena kemungkinan besar itu adalah penipuan dari pada hanya membuang waktu. Maka, Anda tidak perlu memasukkan nilai negatif kepada tim CS tersebut. Jadi, ketika ada hal menyimpang tapi alasannya masuk akal, ya Anda boleh melanggar aturan tersebut.

Poin ketiga, aturan bisnis Anda bisa diubah.

Semua bisnis itu berkembang, maka aturan bisa berubah. Contohnya, dulu tim CS hanya fokus merekap pesanan, tapi seiring berkembangnya waktu karena banyak yang tanya ke Tim CS maka Tim CS boleh dapat insentif ketika ada closing lewat mereka. Maka, aturan diganti yaitu Tim CS boleh melakukan porspek.

Poin keempat, aturan boleh “bengkok”.

Jadi, antara tidak melanggar tapi juga tidak dilakukan 100% seperti yang seharusnya. Sebagai contoh, aturan di bisnis Anda adalah tidak menolak pesanan, tapi Anda hanya menerima pesanan 50% karena tim crafter masih sanggup segitu. Dan, Anda tidak mau rekrut tim crafter baru lagi karena standar-nya cukup tinggi sehingga butuh waktu rekrut lagi.   

Bagaimana pun juga, aturan ada untuk mencari yang terbaik.

Pasalnya, bisnis juga berkembang sehingga aturan lama tidak akan bisa dikerjakan 100% untuk sepanjang tahun. Begitu pula dalam dunia promosi, maka Anda harus up grade ilmu bagaimana berpromosi yang terkini. Misalnya, dulu promosi di media online cuma status FB, kemudian sudah ada FB Ads.

Nah, untuk memudahkan Anda membuat promosi online memang maksimalkan akun media sosial saja. Anda cukup membuka Social Media Board for Mom (salah satu Superboard dari Indscript) lalu isi sesuai instruksi. Apalagi desain khusus Anda agar konsisten melakukan promosi. Pasalnya, promosi dengan tepat dan dilakukan setiap hari akan berdampak pada angka penjualan Anda.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: