1

Tips Bisnis Pemula 2018

Seperti informasi di artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, maka Anda juga harus memperhatikan satu hal ini. Artikel ini lebih khusus untuk pelaku usaha yang baru saja terjun berbisnis. Meski begitu, Anda yang sudah lama berbisnsi juga bisa membacanya, dan dipraktekkan ketika punya produk baru.

Satu, kenali target market.

Sebelum berbisnis, sangat penting agar Anda tahu siapa target marketnya? Siapa yang akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan? Siapa yang akan membutuhkan produk tersebut? Siapa yang mau membeli dengan harga segitu untuk mendapatkan produk tersebut? Semakin detail Anda mengetahui target market, maka akan semakin mudah menjualnya kelak.

Dua, tawarkan hadiah.

Ketika pertama kali Anda menjual produk, terkadang target market batal membeli karena belum percaya Anda menjual produk yang berkualitas, meski sebenarnya mereka membutuhkan produk tersebut. Salah satu cara untuk menggaet lebih lanjut adalah siapkan hadiah. Misalnya, Anda menjual gamis dan bonus bros yang harganya terjangkau. Hal ini bisa menarik target market baru.

Tiga, edukasi manfaat.

Ketika melakukan promosi di masa awal, Anda harus konsisten melakukan edukasi seputar apa manfaat produk tersebut, apa keunggulan sehingga membedakan dengan produk yang sejenis, dan sejauh mana penting digunakan oleh target market. Lakukan secara konsisten karena edukasi harus dilakukan secara terus-menerus.

Empat, jelaskan “harganya”.

Maksudnya, Anda tidak hanya memberi tahu harga produk, tapi jelaskan dengan harga tersebut maka target market akan mendapatkan apa saja? Misalnya, Anda menjual handsock premium, maka bisa jelaskan kalau bahannya berbeda dan nyaman sehingga harganya di atas rata-rata. Apalagi ada sertifikat keaslian karena menyamanan konsumen itu utama.

Lima, berikan hal yang berbeda.

Anda bisa memberikan hal yang berbeda agar konsumen mau repeat order. Misalnya, kasih garansi, atau voucher, atau gratis konsultasi di pembelian berikutnya, dan lain-lain. Kenali apa yang mereka suka lalu gunakan hal itu sebagai alat agar mereka kembali lagi.

Enam, cintai pelanggan.

Iya, jangan jadikan pelanggan sebagai orang yang membeli produk Anda. Tapi, jadikan sebagai teman agar hubungannya tidak sekedar penjual dengan pembeli. Hal ini makin membuat konsumen percaya terhadap Anda dan bisnisnya.

Tujuh, petakan impian sebagai pebisnis.

Tujuannya agar Anda lebih mudah menggapai impian sebagai pebisnis. Bagaimana memetakan mimpi? Mudahnya, Anda bisa menggunakan Dreamboard (salah satu superboard Indscript)

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com