Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga (IRT)

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, agar urusan bisnis dengan rumah tangga berjalan beriringan. Selain itu, Anda juga harus tahu apa saja tugas pebisnis. Pasalnya, meski berbisnis dari rumah tetap dikelola secara profesional. Maka, to do list pebisnis adalah berikut ini:

Yang pertama, pebisnis bukan mengerjakan hal teknis.

Mungkin, saat ini Anda masih mengerjakan semuanya seorang diri. Tapi, perlu diketahui jika Anda ingin bisnisnya melesat meski dikelola dari rumah, ya perlahan-lahan rekrut tim. Agar, Anda fokus memikirkan strategi bisnis seperti membuat inovasi, promo, dll, sementara tim mengerjakan hal teknis seperti posting promosi, dll.

Yang kedua, mulai rekrut karyawan.

Anda bisa memulai mencari asisten, yaitu membantu Anda mengurus hal-hal bisnis. Seperti bagian mengurus pesanan, posting promosi, membalas chat konsumen, dll yang bersifat teknis. Jika pesanan makin meningkat, maka bisa pecahkan tim CS (khusus bagia mengurus pesanan) dan tim admin (khusus pengelolaan media sosial), dan lainnya.

Yang ketiga, fokus cara mencapai target omset.

Tugas Anda adalah fokus meningkatkan omset. Maka, Anda bisa mengisi waktu dengan mencari ilmu sebanyak mungkin, lalu dari ilmu tersebut Anda bisa membuat program-program bisnis secara berkala, tanpa perlu Anda memikirkan apakah pesanan sudah dikirim, atau tidak memikirkan apakah promosi sudah diposting.

Yang keempat, boleh belajar teknis kalau suka tanpa lupakan strategi.

Lalu, ada pertanyaan, “Apakah sebagai pebisnsi tidak boleh mengurusi hal teknis, seperti cara pakai FB Ads, dan hal lainnya?” Boleh saja, asal Anda memang suka hal tersebut dan tidak menyita waktu, sehingga Anda tidak lupa kalau tugas utama adalah memikirkan strategi bisnis.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai buku dari Indscript bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.