Tips Bisnis Online: Punya To Di List

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena menunjukkan kalau bisnis dari rumah juga bisa melesat. Selain itu, Anda juga harus punya to do list sehingga tahu harus mengerjakan tugas apa dahulu, hingga apakah masih ada utang tugas atau tidak. Lalu, apa saja isi to do list?

Yang pertama adalah mencatat semua tugas.

Menjadi pebisnis membuat Anda harus melakukan banyak tugas. Apalagi jika Anda masih mengelola bisnis seorang diri. Antara lain melakukan promosi, melakukan prospek, merekap pesanan, membuat laporan keuangan, menyimpan struk, dan masih banyak lagi. Maka, agar tidak ada 1 tugas yang terlewatkan harus dicatat semuanya dahulu.

Yang kedua adalah membuat timeline setiap tugas.

Sudah punya semua daftar tugas yang harus dikerjakan? Maka selanjutnya, setiap tugas tersebut harus ada waktunya, yaitu kapan Anda mengerjakan tugas tersebut. Waktu itu bisa berupa jam atau tanggal.

Contoh:

Melakukan promosi => setiap jam 6 pagi

Melakukan prospek => setiap jam 12 siang

Dan seterusnya.

Yang ketiga adalah membuat prioritas.

Jadi, Anda harus memasukkan semua tugas tersebut menjadi 3 bagian, yaitu tugas prioritas yang harus dikerjakan, lalu tugas non prioritas yaitu boleh tidak dikerjakan, hingga bukan prioritas yaitu sebaiknya mulai jarang Anda lakukan karena bisa juga sudah punya asisten yang mengerjakannya. Mari mulai membagi tugas menjadi 3 kelompok.

Yang keempat adalah mencatat semuanya.

Jadi, dari mulai mencatat semua tugas, juga mencatat harus dikerjakan kapan, hingga harus mencatat mana yang prioritas. Pasalnya, Anda tentu tidak akan ingat semuanya jadi agar semuanya berjalan lancar ahrus cek di catatan dahulu.

Yang kelima adalah mulai saja dulu.

Adakah yang masih kurang jelas? Sebaiknya kerjakan dahulu. Nanti sambil jalan bisa mulai konsisten membuat to do list.

Untuk memudahkan Anda, Indscript juga memiliki buku To Do list sehingga membuat Anda tinggal mencatat karena sudah didesain khusus bagi pebisnis. Apalagi juga ringan dan mudah Anda bawa ke mana saja, karena memang IRT sekaligus pebisnis adalah makhluk yang supersibuk.

Selain buku To Do List, Indscript juga memiliki Superboard. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: