Tips Bisnis Online: Mengelola Karyawan

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Pasalnya, manajemen waktu adalah hal awal dan penting jika ingin bisnisnya melesat. Selain itu, Anda juga harus mengelola karyawan agar sama-sama mau produktif dan mengembangkan bisnis. Lalu, bagaimana mengelola karyawan yang tepat?

Yang pertama, setiap karyawan itu pasti punya kemampuan.

Iya, setiap orang, termasuk Anda dan semua karyawan, pasti memiliki kemampuan. Hanya saja, tidak semua orang mau mencari kemampuan atau belum berusaha maksimal agar bisa menemukan keahliannya di bidang apa. Contohnya, orang yang teliti biasanya cocok di bagian keuangan karena harus memperhatikan setiap angka keuangan.

Yang kedua, setiap karyawan harus mendapatkan motivasi.

Produktivitas karyawan lagi menurun? Coba kenali apa penyebabnya dan Anda mencoba memberi solusi. Jadi, jangan langsung menyalahkan karyawan tapi Anda sebagai pemimpin juga berusaha mengarahkannya. Contohnya, tim sales kurang semangat berjualan, maka Anda bisa mengadakan training memprospek agar mereka juga bisa update ilmu.

Yang ketiga, yakinkan kalau semua orang pasti bisa sukses.

Setiap karyawan harus berkembang tapi terkadang karyawan tersebut tidak percaya diri kalau sebenarnya bisa. Misalnya, tim admin yang awalnya hanya bagian rekap penjualan, lalu Anda ajarkan bagaimana melakukan prospek sehingga bisa closing layaknya sales. Yakinkan kalau mereka pasti bisa selama mau berproses dengan belajar.

Yang keempat, kenali apa yang mau dicapai.

Mengelola karyawan memang memiliki mood yang tidak stabil, layaknya Anda sendiri, kan? Maka, Anda harus mengajak mereka untuk mengetahui, sebenarnya apa sih yang ingin mereka capai lewat berkerja di tempat Anda? Misalnya, ingin belajar hal baru karena dalam waktu tertentu pasti diajak ikut training.

Yang kelima, ingatkan karyawan memiliki me time.

Karyawan juga manusia yang pasti pernah jenuh, maka mereka butuh me time. Meskipun ada pekerjaan yang tidak jelas jam kerjanya, tetap Anda berikan waktu untuk liburan karena itu bisa membuat otak mereka lebih segar. Dengan begitu, akan memiliki ide-ide kreatif.

Untuk mendukung agar anak buah bekerja maksimal, sebaiknya setiap orang memiliki target harian dalam bekerja, lalu catat di Metrik Pencapaian (salah satu Superboard dari Indscript). Metrik sudah melalui uji coba 1 tahun dan ternyata berhasil membuat pemiliknya mencapai target. Maka, ini saatnya Anda bergabung dengan lebih dari 1.234 pebisnis yang menggunakan Metrik pencapaian.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: