Tips Bisnis Online: Mengelola Karyawan

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, agar semakin yakin kalau bisnis online dari rumah bisa sukses selama mau konsisten mengelola. Salah satunya adalah mengelola karyawan. Anda harus menghimpun tim dengan cara agar bisa bekerja produktif dan sama-sama mengembangkan bisnis Anda. Jadi, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

Satu, kenali keahlian apa yang Anda butuhkan?

Jadi, sebelum merekrut tim, Anda harus tahu akan mencari orang untuk posisi apa dan seharusnya orang tersebut punya keahlian apa? Misalnya, Anda mencari personal asisten, maka bisa mencari orang yang punya keahlian detail, terbiasa pegang gadget, cekatan, dll. Jadi, Anda ada pandangan akan mendapatkan orang seperti apa.

Dua, siapa yang mengerjakan?

Sudah punya catatan keahlian yang harus dimiliki, lalu Anda harus cari orang yang tepat. Jika sudah punya kandidat, maka Anda harus terus memantau dia di waktu awal-awal untuk memastikan memang dia orang yang tepat untuk posisi tersebut. Jika belum, Anda bisa berikan training dahulu agar keahliannya bisa berkembang.

Tiga, mulai dari tim kecil tapi efektif

Anda nggak harus mencari banyak tim agar bisnis cepat besar. Jika banyak orang di tim Anda, tapi Anda belum siap mengelola, malah hasilnya tidak maksimal. Jadi, Anda bsia merekrut satu per satu terlebih dahulu. Bisa dari personal asistan, lalu admin online, staf keuangan, hingga reseller.

Empat, kenapa apa kendala mereka

Sudah punya karyawan bukan berarti Anda 100% menyerahkan tugas itu ke mereka, tapi Anda tetap membinanya. Bsia dengan memberikan motivasi setiap hari, memberikan peluang mereka ikut training di luar kantor, hingga bertanya apa kendala mereka lalu Anda berusaha mencari solusinya. Dengan begitu, mereka bisa berkembang bersama bisnis Anda.

Lima, buat grafik untuk menunjukkan perubahan

Anda bisa membuatkan grafik perubahan untuk menunjukkan apakah masing-masing tim sudah mengembangkan potensinya atau belum. Dengan begitu, Anda bisa tahu jika ada penurunan produktifitas dari karyawan. Biasanya Anda bisa pilih mengajaknya ke training, atau mengganti ke posisi lain, atau terpaksa kerja samanya selesai.

Salah satunya, Anda bisa mengikuti training dari Indscript Corporation dengan pilihan training bisnis atau menulis. Training yang 1% ilmu dan 99% praktek ini memang mayoritas untuk perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, profesi pebisnis atau penulis memang tepat bagi perempuan dari rumah, sehingga dengan adanya ilmu memudahkan mereka untuk tahu bagaimana cara berbisnis atau menjadi penulis.

Beberapa judul training yang pernah diadakan adalah Ngiklan Cantik Biar Jualan Banyak Yg Lirik, CLBK-In Jaringan Pemasaran Yang Pergi Lalu Balik Lagi Dan Jualan Lagi, Magnet Closingan Whatsapp, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai training terkini bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: