Tips Bisnis Online: Ini Dia Karakter Pebisnis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, karena menunjukkan kalau bisnis dari rumah juga bisa melesat. Selain itu, Anda juga harus mengenali apa saja karakter yang sebaiknya dimiliki oleh pebisnis. Dengan begitu, Anda bisa belajar melakukan beberapa hal berikut ini untuk menjadi pemimpin bisnis.

Yang pertama, tidak berpikir hari ini aja.

Seorang pebisnis tidak boleh hanya memikirkan hari ini. Misalnya, mau bikin status promosi baru saat mau promosi, mau melakukan prospek baru mikir sekarang bagaimana mengawalinya, dan seterusnya. Tetapi, Anda harus punya rencana sehingga pada hari H hanya melaksanakan rencana tanpa harus pusing terlebih dahulu.

Yang kedua, ketika gagal ya ganti saja.

Dalam berbisnis, gagal itu biasa saja. Tapi, seorang calon pemimpin yang sukses itu melihat kegagalan sebagai bahan evaluasi. Dari kegagalan tersebut, Anda jadi belajar agar tidak melakukan kesalahan yang sama, lalu membuat perbaikan yang bisa jadi hasilnya akan maksimal. Jadi, jangan terlalu baper ketika gagal.

Yang ketiga, bekerja keras.

Menjadi pemimpin bisnis itu juga harus bekerja keras. Mungkin, cara kerja kerasnya tidak banyak dilakukan dalam hal teknis, karena tugas teknis umumnya sudah dikerjakan oleh karyawan. Tetapi, pebisnis itu juga bekerja keras dalam berpikir agar bisa menyusun strategi yang tepat. Jadi, lebih banyak dalam hal berpikir, ya.

Yang keempat, merasa senang berbisnis.

Apakah selama ini Anda memang senang berbisnis atau berjualan? Bagus! Jika tidak, kenapa? Mungkin Anda merasa berjualan seperti beban? Maka, jadikan berjualan itu hobi Anda sehingga Anda merasa senang setiap mengerjakannya. Bahagia itu penting karena bisa menjadi mood booster Anda agar terus semangat berbisnis.

Yang kelima, menikmati proses bukan hasil.

Percayalah, jika yang jauh lebih penting adalah bagaimana Anda berproses menjadi pebisnis. Bukan berapa omset Anda? Yang penting, ada perubahan positif meski mungkin masih sedikit demi sedikit.

Yang keenam, membuat perhitungan tepat.

Pebisnis harus tepat menghitung berapa harga jual produk, berapa gaji karyawan, berapa biaya operasional, dan masih banyak lagi. Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: