Tips Bisnis Online: Harus Punya 1 Hal Ini

Sebelumnya, Anda sebaiknya membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis terlebih dahulu. Agar tahu bagaimana harus menghadapi masalah dan bukan justru membuat Anda memutuskan berhenti berbisnis. Selain itu, Anda juga harus memiliki 1 hal ini, yaitu visi. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk membuat visi pebisnis itu?

Yang pertama, Anda harus tahu ingin membuat apa?

Hal ini yang pertama dipertimbangkan, khusus bagi Anda yang ingin berbisnis sebagai produsen. Jadi, Anda harus tahu akan menjual produk atau menawarkan jasa apa dulu? Karena dari situ baru bisa melakukan breakdown ke hal lainnya. Tapi, bagi yang bukan produsen juga harus tahu akan menjadi reseller apa?

Yang kedua, Anda harus tahu apa yang ingin dicapai?

Jadi, berbisnis tidak hanya sekedar jualan tapi Anda harus tahu ingin mencapai apa dari bisnis ini? Misalnya, Anda berbisnis karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan, yang khusus untuk menabung di dana haji. Pasalnya, penghasilan utama belum bisa membuat Anda membuka tabungan haji.

Yang ketiga, mengetahui resiko yang akan dihadapi.

Dalam berbisnis, Anda memang harus dituntut untuk berpikir positif yaitu pasti akan bisa sukses. Meski begitu, Anda harus menyeimbangkan dengan memikirkan kemungkinan resiko yang akan terjadi, sehingga Anda bisa punya rencana cadangan agar bisnis tetap berjalan lancar. Anda bisa mencatat resiko yang mungkin akan datang dan nantinya akan melakukan apa untuk solusinya.

Yang keempat, apa timbal balik yang ingin Anda berikan?

Misalnya, Anda akan berjualan produk gamis, maka timbal balik apa yang akan didapatkan oleh konsumen dari produk tersebut? Bisa jadi, dari bahannya yang nyaman di cuaca tropis seperti indonesia ini, atau modal yang kekinian karena target market Anda adalah remaja muslimah.

Yang kelima, menyiapkan segala kemungkinan.

Dalam berbisnis, Anda memang tidak bisa melihat hasil masa depan. Tapi, Anda bisa melihat kemungkinan yang akan terjadi, meski tidak mungkin 100% hasilnya sama. Contohnya, Anda akan membuat promosi diskon 10% selama seminggu ke depan, jika responnya negatif maka Anda akan melakukan rencana B, jika sebaliknya maka akan memperpanjang waktu diskon.

Yang keenam, apa saja yang bisa Anda kerjakan?

Anda juga harus mencatata secara detail apa saja tugas yang akan Anda kerjakan sebagai pebisnis? Antara lain, menyapa semua tim inti dan memberi motivasi, menyiapkan rencana promosi, mencari inovasi bisnis, dan masih banyak lagi.

Yang ketujuh, punya antusiasme.

Menjadi pebisnis, maka Anda harus punya semangat maksimal untuk mengelola bisnis. Semangat tersebut akan menyebar ke tim sehingga mereka juga bisa maksimal dalam bekerja.

Untuk mendukung bisnis Anda, Indscript memiliki superboard. Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: