Tips Bisnis Online di Dunia Fashion

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru, karena semua kebiasaan tersebut bisa Anda lakukan hanya dari dalam rumah dan jika konsisten bisa membuat bisnisnya berkembang. Selain itu, artikel ini untuk Anda yang berbisnis fashion.

Yang pertama adalah Anda harus tahu seputar berbagai kain

Anda secara tidak langsung juga berjualan kain. Segmen pasarnya mungkin bukan konsumen yang ingin pakai baju saja, tapi bisa juga produsen produk ready to wear tersebut. Tapi Anda harus memilik stok kain yang beragam dan trend motifnya memang cepat berubah sehingga produk harus fast moving.

Yang kedua adalah Anda harus tahu seputar foto sebagai promosi

Apa yang membuat konsumen mau membeli produk Anda, meski kompetitor juga menawarkan produk yang sama? Jawabannya adalah Anda punya β€œnilai” yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Contoh β€œnilai” adalah Anda menjual paket fashion muslimah (dari jilbab hingga kaos kaki), sementara kompetitor hanya menjual gamis saja, atau kaos kaki saja, dll. Tonjolkan hal ini di foto.

Yang ketiga adalah Anda harus tahu seputar ukuran

Jualan pakain online harus kasih spesifikasi detail. Antara lain, berapa ukuran lebar dada, panjang baju, dll. Agar konsumen yang membeli bisa tahu ukuran tepat, apakah S, atau M, atau L, dst.

Yang keempat ketiga adalah Anda tentukan apakah produksi dulu atau dikirim dari mana

Jika perlu, Anda harus menjelaskan sistem PO. Tidak semua konsumen paham dengan sistem PO. Ada yang mengira kalau sudah pesan maka barang akan dikirim, padahal sistem PO tidak langsung mengirimkan barang. Jadi, jelaskan pembayaran harus dilakukan di awal, lalu produk akan dikirim pada waktu kapan lalu tepati janji tersebut. Dalam sistem PO, justru dianjurkan untuk memberi tahu harganya di awal. Biasanya harga ketika PO lebih murah dari pada memesan setelah PO. Beri tahu harga keduanya, yaitu harga normal (setelah masa PO berakhir) dan harga PO, sehingga konsumen bisa mengetahui kalau sebaiknya memesan sekarang juga.

Yang kelima adalah Anda harus tahu seputar promosi

Promosi adalah ujung tombak berbisnis sehingga Anda harus tahu bagaimana melakukan promosi yang tepat. Bagi Anda yang berjualan online memang sangat mengandalkan promosi dari rumah, seperti pakai FB. Ternyata, FB juga bisa mendatangkan closing asal Anda jualan dengan cara yang tepat juga.

Suka nyetatus atau chatting di facebook? Tahu nggak kalau dari facebook personal bisa mendatangkan closing? Semua akan dipelajari di Learn All About Facebook (LAAF) dari Indscript, karena akan belajar nyetatus asyik, branding, follow up di FB, dan bonus materi lainnya. Soalnya, jualan di FB itu butuh konten dan flyer tersendiri biar bikin teman FB nggak terasa digiring buat beli jualan Anda. Tenang, triknya juga cocok buat kalangan ibu rumah tangga (IRT) karena mudah banget.

Informasi mengenai training LAAF bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.