Tips Bisnis Online dengan Mengatur Keuangan Bisnis Bagian Ke-2

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, karena bagi ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi pebisnis atau penulis yang produktif, wajib memiliki dan konsisten terhadap manajemen waktu. Selain itu, kenapa keuangan bisnis ini sudah tahu penting tapi susah konsisten punya catatan keuangan? Karena memang harus setiap hari, atau setiap saat ada transaksi harus dicatat. Biasanya, “Ah nyatetnya nanti aja.” Tapiiii malah lupa akhirnya nggak jelas deh, bisnisnya itu untung atau rugi sih? Kayaknya sih banyak orderan, tapi uangnya kok habis ya? Berikut ini kelanjutannya.

Mari lanjut cara menghitung Break Even Point (BEP)

BEP adalah biaya operasional setara dengan keuntungan hasil usaha kita

Manfaatnya:

– Biar bisa menentukan mau keuntungan berapa?

– Berapa minimal produk yang perlu dijual per hari?

– dll

Lalu, bagaimana menentukan harga jual yang tepat?

Mudahnya sih:

Biaya produksi + biaya lain-lain + keuntungan yang ingin Anda dapatkan

Jika sudah keluar angkanya, lalu tanyakan apakah harga tersebut sepadan bagi target marketnya?

Jika ya, silahkan teruskan.

Terus, berapa biaya promosi yang tepat?

Anda bisa memaksimalkan media sosial untuk jualan, tentu sudah masuk ke biaya internet ya?

Tapi bisa juga mau beriklan di selebgram, atau fb ads, dll tentu butuh biaya tambahan

Tapi, rata-rata ya sekitar 5-10% dari masing-masing produk atau budget secara keseluruhan.
Mengelola keuangan sebenarnya tidak rumit, hanya yang dibutuhkan adalah KONSISTEN

Jika sudah konsisten, maka akan ketahuan:

– Anda rugi atau untung?

– Jika untung harus bagaimana bisa makin melesat?

– Jika rugi langsung bisa evaluasi biar tidak langsung bangkrut kan?

Jadi, selamat berKONSISTEN mencatatn KEUANGAN

Anda harus menikmati setiap proses berbisnis. Dari yang awalnya banyak ditolak, lalu belajar ilmu bisnis, lalu mencoba mempraktekkan ilmunya, kemudian akhirnya bisa merasakan banjir omzet. Semua pengalaman tersebut adalah proses yang membuat Anda semakin tangguh dan menjadi pebisnis yang lebih baik lagi. Saat ini, ada banyak pebisnis online sehingga Anda harus promosi dengan cara yang menarik. Tentu saja tidak hanya posting foto produk, tidak mengajak orang lain untuk membeli, tapi dengan cara menarik, yaitu status yang bermanfaat. Bahkan. Pakai FB saja bisa maksimal promosinya.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.