Tips Bisnis Online dengan Maksimalkan Laporan Keuangan

Sudahkah Anda membaca artikel sebelumnya yang berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Anda bisa mengikuti apa yang biasa dilakukan oleh pebisnis sukses yang semuanya dapat dikerjakan dari rumah juga. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana membesarkan bisnis meski dikelola di dalam rumah saja. Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

Yang pertama, membuat rencana.

Anda sebagai pemimpin bisnis adalah pihak yang membuat strategi. Agar program bisnis yang akan dijalankan itu jelas harus melakukan apa saja, dan jelas tujuannya ke mana, tentu akan membuat Anda lebih mudah meraih kesuksesan bisnis. Rencana itu dalam hal promosi yang akan dilakukan, inovasi produk atau jasa, hingga tim yang dibutuhkan.

Untuk membuat rencana, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Caranya, cukup mencari hal yang disukai oleh konsumen dari Anda sendiri. Tanyakanlah kepada diri sendiri, hal apa yang menarik, hal apa yang belum ada di kompetitor, hal apa yang disukai oleh target market. Semua jawaban tersebut menjadi data dalam membuat rencana.

Yang kedua, lakukan rencana tersebut.

Sudah menyusun rencana? Maka selanjutnya ya lakukan rencana tersebut. Misalnya, Anda adalah pebisnis nuget rumahan. Maka bisa membuat rencana yaitu menawarkan paket praktis sahur, dari nuget ayam, nuget sayuran, hingga nuget ikan. Maka, segera lakukan promosi yang berisi penawaran paket tersebut. Anda bisa membuat beberapa paket agar konsumen lebih banyak variasi dalam memilih.

Yang tidak kalah penting dalam melakukan program ini, yaitu memiliki tim. Sebaiknya, Anda juga memiliki tim reseller untuk memperluas jangkauan target market. Bisa juga, Anda merekrut tim xustomer service dulu agar pelayanan kepada konsumen tidak terbengkalai, sementara Anda masih fokus dalam proses produksi.

Yang ketiga, cek setiap hari.

Sudah punya rencana bisnis bukan berarti ya tinggal mengerjakan 100% saja. Tapi, lakukan evaluasi harian dengan melihat angka omset. Jika dalam 5 hari omset menurun, maka Anda harus mencari inovasi baru. Bisa jadi, rencana tersebut kurang sesuai dengan keinginan konsumen. Maka, harus punya catatan keuangan yang rapi agar tahu omsetnya per hari itu berapa.

Yang keempat, action lagi.

Kali ini, mungkin Anda akan mengerkana Rencana B, karena Rencana A yang sebelumnya kurang bagus jika melihat omset yang masuk. Maka, perhatikan laporan keuangan agar tidak terlanjut menurun, ya.

Agar memudahkan Anda atau tim keuangan mengelola kas bisnis, cukup buka dan isi Financial Board for Mom yang didesain khusus memudahkan Anda mengurus keuangan bisnis. Dari mulai membuat Anda mengurus budgedting rumah tangga, budgeting bisnis, target penghasilan, investasi, utang, hingga menghitung penghasilan tetap setiap bulannya sebagai pebisnis.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: