Tips Bisnis Online: Catatan Bisnis

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, agar Anda bisa melakukan antisipasi atau segera tahu solusi ketika menghadapi masalah bisnis. Selain itu, Anda juga harus memiliki beberapa catatan bisnis agar usaha terus berkembang meski 99% dikelola di dalam rumah saja.

Yang pertama adalah Anda harus punya catatan keuangan.

Antara lain catatan uang yang masuk, uang yang keluar, berutang, punya piutang, semuanya harus secara detail dan lengkap. Sebaiknya, Anda menyimpan semua bukti pembelanjaan agar tidak lupa. Meski berbisnis dari rumah, juga harus memisahkan uang kas pribadi dengan bisnis agar tahu apakah rugi atau untung.

Yang kedua adalah Anda harus punya catatan stok.

Antara lain, Anda harus punya catatan stok di setiap produk. Misal, Anda jualan gamis, maka harus ada catatan stok gamis A berapa, gamis B berapa, dan seterusnya. Jadi tidak sekedar catatan gamis itu ada sekian pcs, tapi harus detail dengan masing-masing jenis produknya.

Yang ketiga adalah Anda harus punya catatan ide.

Ide suka datang tidak terduga tapi Anda harus cepat mencatatnya. Mungkin saat ini Anda merasa ide itu tidak cocok dilakukan, tapi tetaplah mencatat. Siapa tahu, ide tersebut akan sangat bermanfaat di bulan depan, atau bahkan tahun depan. Dengan catatan ide juga membuat Anda tidak berhenti berinovasi.

Yang keempat adalah Anda harus punya catatan inovasi.

Inovasi adalah hal penting dalam berbisnis jika tanpa inovasi maka bisnis Anda akan mati. Tapi, inovasi itu tidak harus dipikirkan ketika ada masalah. Maka, Anda harus punya target kapan harus melakukan inovasi? Dan untuk mendukung maka selalu catat inovasi agar tidak lupa.

Yang kelima adalah Anda harus punya catatan promosi.

Promosi adalah ujung tombak berbisnis sehingga Anda harus tahu bagaimana melakukan promosi yang tepat. Bagi Anda yang berjualan online memang sangat mengandalkan promosi dari rumah, seperti pakai WA. Ternyata, WA juga bisa mendatangkan closing asal Anda jualan dengan cara yang tepat juga.

Untuk melakukan optimasi WA sebenarnya sangatlah mudah, karena di BOW (Bimbingan Optimasi WA) memang didesain bagaimana memaksimalkan WA untuk berjualan khusus kalangan perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Kaum perempuan yang suka mengobrol (baik offline dan online) itu ternyata bisa menjadi cara berpromosi di WA yang asyik.

BOW adalah salah satu training dari Indscript yang 100% praktek. Pasalnya pebisnis perempuan memang harus didorong untuk langsung praktek setelah mendapatkan ilmu agar berdampak di bisnisnya. Informasi mengenai training BOW bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Semoga tips (bisnis atau menulis) di artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan langsung agar berdampak positif juga.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com