Tips Bisnis Online: Cara Melakukan Evaluasi Ketika Ada Kesalahan

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, agar semakin yakin kalau bisnis online dari rumah bisa sukses selama mau konsisten mengelola. Salah satunya adalah mengelola kesalahan dan menjadikannya sebagai pembelajaran. Dalam berbisnis, melakukan kesalahan itu wajar tapi kemudian Anda harus melakukan evaluasi seperti:

Yang pertama, kenali kenapa bisa terjadi?

Anda harus kenali apa penyebabnya, tapi usahakan jangan langsung menyalahkan orang lain. Misalnya, penjualan bulan ini menurun, ya Anda jangan salahkan reseller, tapi perbaiki bagaimana cara Anda merawat reseller. Mungkin selama ini hanya meminta reseller jualan tanpa dikasih tahu caranya. Jadi, kenali penyebab dari diri Anda sendiri dulu.

Yang kedua, kenapa melewatkan hal itu?

Kenapa kesalahan itu bisa terjadi? Misalnya, karena memang Anda tidak tahu kalau reseller harus dibina. Ya tidak apa-apa, tapi selanjutnya Anda harus mulai belajar cara membina lalu praktek dari ilmu tersebut. Bisa juga, omset menurun karena reseller suka lupa promosi, nah kenali kenapa mereka bisa lupa? Mungkin karena sibuk dengan urusan rumah tangga?

Yang ketiga, apa yang akan Anda dilakukan agar cepat memperbaikinya?

Setelah tahu harus melakukan apa ya jangan tunda lagi. Usahakan melakukan hal itu secepatnya. Semakin cepat, semakin memudahkan Anda mengatasi masalah tersebut, sehingga masalahnya juga tidak berlarut-larut. Anda bisa mendapatkan solusi bisnis lewat belajar dari buku, belajar dair training, hingga diskusi di komunitas bisnis.

Yang keempat, kapan akan melakukan solusi tersebut?

Anda tidak hanya harus tahu apa solusinya, tapi juga membuat timeline kapan akan melakukan solusi tersebut.

Contohnya:

Masalah = omzet turun karena reseller mulai jarang promosi

Solusi = training cara jualan setiap hari

Timeline = mulai sejak tanggal 12 juli 2019

Yang kelima, buat tugas per hari

Untuk memudahkan Anda, bisa membuat catatan tugas setiap hari setiap tim. Soalnya, tugas admin berbeda dengan tugas staf keuangan, begitu pula dengan reseller, dan yang lainnya.

Contoh tugas reseller setiap hari:

– Posting status promosi 5x

– PDKT 10 orang baru, dll

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: