Tips Bisnis Online: Cara Hadapi Kegagalan Bisnis

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Apakah Anda sudah membaca artikel yang sebelumnya berjudul 6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Ditiru? Dengan begitu, meski Anda menjadi ibu rumah tangga (IRT) tetap bisa meniru kebiasaan pebisnis tersebut dari rumah saja. Namun, ada juga yang mengaku sudah mencoba berbisnis beberapa kali tapi kerap berujung rugi. Maka, selanjutnya Anda bisa melakukan hal-hal ini:

Yang pertama adalah temukan passion Anda.

Apakah selama ini Anda menjalani bisnis sesuai passion atau hanya ikut-ikutan saja? Misalnya, Anda pernah berjualan minuman instan yang pernah hits, pernah juga jualan herbal karena ajakan teman, dan masih banyak lagi tapi akhirnya berhenti semua. Maka, pilihlah bisnis sesuai passion karena pada dasarnya Anda paham dunia tersebut.
Yang kedua adalah awali dari modal yang tepat.

Modal besar itu nggak jamin kalau bisnisnya bisa melesat, tapi modal kecil juga tidak selalu bisa berkembang. Meski begitu, sebaiknya Anda menggunakan modal sedikit terlebih dahulu saja. Lalu, putar keuntungan sebagai modal kembali sehingga Anda mengembangkan bisnis sedikit demi sedikit.

Yang ketiga adalah gunakan sistem pre-order (PO) terlebih dahulu.

Bagi yang berbisnis sebagai produsen, bisa membuka sistem PO terlebih dahulu agar tahu harus melakukan produksi berapa, sehingga bisa menghindari terjadinya stok menumpuk. Anda bisa juga meminta konsumen membayar penuh terlebih dahulu dan jelaskan produk akan dikirim pada tanggal berapa.

Yang keempat adalah belajar dari komplain.

Ketika bisnis menurun, maka kemungkinan besar Anda juga mengalami komplain, baik dari konsumen, atau reseller, hingga pihak yang pernah bekerja sama dengan Anda. Untuk itu, Anda bisa belajar dari komplain tersebut dengan mencari solusinya. Misalnya, ada komplain kalau slow respon, maka solusinya harus fast respon dengan rekrut tim admin baru.

Yang kelima adalah belajar bisnis.

Apakah selama ini Anda hanya asal berjualan? Tidak pernah belajar karena mengira bisnis itu bisa sambil jalan dan belajar dari pengalaman. Mulai sekarang ganti pemikiran tersebut dengan belajar. Bisa lewat membaca buku, ikut training, aktif di komunitas bisnis, dan lainnya.

Salah satunya, Anda bisa mengikuti training dari Indscript Corporation dengan pilihan training bisnis atau menulis. Training yang 1% ilmu dan 99% praktek ini memang mayoritas untuk perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, profesi pebisnis atau penulis memang tepat bagi perempuan dari rumah, sehingga dengan adanya ilmu memudahkan mereka untuk tahu bagaimana cara berbisnis atau menjadi penulis.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Beberapa judul training yang pernah diadakan adalah Ngiklan Cantik Biar Jualan Banyak Yg Lirik, CLBK-In Jaringan Pemasaran Yang Pergi Lalu Balik Lagi Dan Jualan Lagi, Magnet Closingan Whatsapp, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai training terkini bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.