Tips Bisnis Online: Cara Berbisnis bagi Reseller

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah membaca artikel yang berjudul Tips Jualan Online untuk Pemula yang Mudah Dilakukan, agar semakin yakin kalau bisnis online dari rumah bisa sukses selama mau konsisten mengelola. Salah satunya adalah bagaimana mengelola bisnis agar efektif dan efisien ya harus diurutkan dari hulu ke hilir. Detailnya seperti berikut ini:

Yang pertama, kenali dulu produk yang akan dijual

Anda harus tahu dahulu produk yang dijual itu seperti apa. Misalnya, nama produknya apa, bahannya apa, kelebihannya apa, disukai oleh kalangan siapa, dan masih banyak lagi. Lebih bagus lagi jika Anda juga pemakai produk tersebut sehingga lebih mudah mengenalnya karena tahu banget kualitasnya.

Yang kedua, kenali target marketnya
Tidak ada produk yang kemahalan, dan tidak ada produk yang tidak berkualitas. Jika ada yang berkomentar seperti itu, berarti memang bukan target marketnya. Maka, Anda harus tahu target market dari produk yang Anda jual, karena mereka memang membutuhkan produk tersebut hingga mereka juga akan tertarik dengan produk tersebut.

Yang ketiga, promosi yang pas apa?

Sudah tahu target marketnya? Maka akan tahu selera mereka seperti apa. Dengan begitu, Anda akan tahu promosi yang tepat itu seperti apa. Misalnya, konten promosi untuk target market menengah ke atas tentu berbeda dengan konten promosi untuk kalangan menengah, begitu pula untuk kalangan menengah ke bawah.

Yang keempat, di mana saja target market berada?

Dengan begitu, Anda bisa fokus jualan di tempat tersebut, karena memang mayoritas akan membutuhkan atau menyukai produk Anda. Misalnya, Anda jualan gamis, maka bisa berjualan di tempat pengajian, di sekolah yang mayoritas ibu-ibunya adalah muslim, hingga komunitas muslimah.

Maka, semua harus terukur. Antara lain keunggulan produknya apa, siapa yang akan membeli, promosinya seperti apa, hingga harus jualan di mana. Dengan begitu, akan memudahkan Anda berjualan, meski masih berbisnis sebagai reseller. Enaknya menjadi reseller adalah, Anda fokus belajar jualan dulu, tanpa pusing proses menghasilkan sebuah produk.

Untuk memudahkan Anda dan tim bekerja maksimal mengelola bisnis, bisa menggunakan to do list book. Buku yang membuat Anda langsung action membuat catatan tugas setiap hari. Jadi, tidak ada lagi cerita lupa promosi, nggak sempat membuat laporan keuangan, bahkan membuat keluarga tetap terawat dan Anda wajib sempat me time agar selalu bahagia.

Buku dari Indsrcipt Corporation sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

 

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: