Tips Bisnis Online bagi IRT: Kesalahan dari Rumah

Pentingnya Manajemen Waktu

Pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, agar urusan bisnis dengan rumah tangga berjalan beriringan. Selain itu, Anda juga harus tahu beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh para ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis dari rumah. Apa saja itu?

Yang pertama, asal jualan.

Ada yang pokoknya menawarkan dagangan, di mana pun, dan kapan pun, hingga kepada siapapun. Padahal, orang itu nggak suka kalau ditawarin produk. Apalagi kalau sering posting iklan bisa membuat teman jenuh. Selain itu, setiap produk juga ada target marketnya sendiri, sehingga Anda nggak bisa asal menawarkan produk ke semua orang.

Yang kedua, sekali prospek ngarep langsung closing.

Ini juga jangan dilakukan, ya. Ketika baru pertama kenalan langsung mengajak teman tersebut membeli produk Anda. Yang harus Anda lakukan adalah berteman sebanyak mungkin dahulu, sambil ceritakan kalau Anda berjualan apa, sesekali juga cerita sukanya pakai produk itu kenapa. Dengan begitu, justru calon konsumen itu akan datang sendiri dan terjadilah closing.

Yang ketiga, ditolak terus pergi.

Ketika Anda sudah menawarkan produk tapi ditolak, saat itu juga Anda berhenti menghubungi dia. Padahal, bisa jadi dia hanya belum mau membeli atau belum teredukasi seputar pentingnya produk Anda. Untuk itu, sangat dianjurkan Anda terus berteman meski ditolak. Bisa jadi kelak dia mau order sendiri atau kasih rekomendasi ke temannya.

Yang keempat, setelah closing terjasi terus cuek.

Ini juga jangan dilakukan lagi. Yang harus Anda lakukan adalah terus komunikasi dengan orang tersebut, mencatat data sebagai database target market, dan terus edukasi kalau Anda punya inovasi sehingga dia mau repeat order. Jika setelah closing tapi Anda langsung pergi, bisa jadi dia kelak melupakan Anda juga.

Khusus bagi yang berbisnis jaringan atau MLM, tentu punya tugas menawarkan produk sekaligus masuk ke dalam jaringannya. Untuk memudahkan Anda, cukup buka MLM’ers Success Board lalu isi sesuai instruksi sehingga tahu bagaimana melesatkan bisnis MLM-nya. Di dalamnya ada beberapa 10 hal yang harus dipersiapkan bagi pebisnis MLM, mulai dari identifikasi hingga evaluasi.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.