Tips Bisnis Online: Bagaimana Menghadapi Perang Harga?

Cara Mengelola Karyawan Perusahaan

Sebelumnya, Anda harus sudah membaca artikel yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis. Apalagi sebagai ibu rumah tangga (IRT) yang berbisnis sangat membutuhkan manajemen waktu agar tugas bisnis dan tugas keluarga berjalan mulus. Selain itu, hal yang paling ditakuti pebisnis adalah β€œperang harga”. Lalu, bagaimana menghadapinya?

Yang pertama adalah tonjolkan nilai produk Anda.

Contoh nilai produk itu bisa, meski sama-sama menjual produk gamis, tapi gamis Anda pakai tambahan manik-manik di bagian lengan bawah agar makin terlihat cantik. Nah, meski kompetitor banting harga, tapi konsumen tetap mau membeli gamis Anda karena ada manik-manik tersebut. Jadi, temukan nilai produk Anda dulu.

Yang kedua adalah punya tim yang solid.

Tim yang solid itu bisa terlihat bagaimana mereka mengerjakan setiap pesanan. Misalnya, tidak pernah salah mengirimkan barang sehingga sangat teliti, selalu ramah selama berhadapan atau chat dengan konsumen, mau bersikap baik di mana pun berada dan bangga menjadi bagian bisnis Anda, dan masih banyak lagi.

Yang ketiga adalah pemilik bisnis tersebut bisa sering melakukan sharing.

Jika Anda adalah pemilik bisnisnya, maka sebagai owner harus terlihat dapat dipercayai oleh konsumen. Ketika kepercayaan sudah Anda dapatkan, maka kompetitor banting harga pun, konsumen tetap membeli di tempat Anda. Maka, seringlah sharing agar bisa mencari orang yang terpercaya.

Yang keempat adalah pelayanan maksimal.

Ini sangat penting. Apalagi tim customer service (CS) Anda adalah orang yang pertama kali berhadapan dengan calon pembeli. Jika Anda mengajarkan mereka bagaimana berhadapan dengan calon pembeli dengan ramah, maka tim CS akan melakukan hal yang sama. Usahakan, Anda menyiapkan naskah untuk tim CS, seperti teks ketika ada komplain, teks menerima pesanan, dan lainnya.

Yang kelima adalah perbanyak reseller.

Semakin banyak jumlah reseller yang aktif jualan, maka semakin besar peluang terjadinya closing. Maka, Anda harus mulai merekrut lalu membina mereka agar mau terus semangat berjualan. Reseller bisa diambil dari konsumen yang pernah membeli produk Anda, sehingga mereka bisa membeli dengan harga yang miring.

Meski begitu, tanpa ilmu bisnis membuat Anda bingung bagaimana mengelola tim agar menjadi superteam? Namun, kendala bagi IRT yang berbisnis adalah waktu yang tidak banyak untuk belajar. Maka, Anda bisa menggunakan Get Reseller Board (salah satu Superboard Indscript) yang bisa Anda pajang dan bisa membuat Anda action kapan saja, sesuai waktu Anda sendiri. Di dalamnya, sudah ada recruitment checklist sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap hari agar reseller semangat berjualan.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.