Tips Bisnis Online: Apa Itu Traffic

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Pastikan Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul Artikel Manajemen Waktu Khusus bagi IRT yang Berbisnis atau Menulis, agar urusan bisnis dengan rumah tangga berjalan beriringan. Selain itu, Anda juga harus mengenali traffic, yaitu bagaimana membuat bisnis online Anda mudah terdeteksi oleh target market lewat internet. Caranya ada 3 hal:

Yang pertama, secara organik.

Artinya, Anda memang mengelola media sosial tanpa beriklan, sehingga pertemanan atau orang yang datang ke blog Anda murni kemauan mereka sendiri. Kelebihannya, tentu mayoritas followers tersebut mengetahui apa bisnis Anda. Soalnya, sebelum mereka memutuskan berteman atau sampai ke blog Anda, tentu memang mencari produk tersebut. Kelemahannya, memang butuh waktu untuk menjaring followers.

Contohnya: Anda hanya menulis konten di blog yang sekiranya dibutuhkan oleh target market. Lalu, calon konsumen Anda membutuhkan tips tersebut, hingga googling dan akhirnya bisa ketemu blog Anda. Apalagi di dalam tips tersebut Anda menyelipkan sedikit info produk, maka calon konsumen tersebut jadi tahu produk yang Anda jual dan bisnisnya.

Yang kedua, beriklan.

Selain cara organik, Anda juga bisa memilih beriklan lewat media sosial. Dengan cara ini, memang akan banyak orang lebih cepat mengetahui apa produk yang Anda jual. Tapi, kelemahannya adalah tidak semua mau menjadi followers Anda meski sudah melihat iklan tersebut, dan membutuhkan dana meski tergolong terjangkau jika beriklan di media sosial.

Contohnya, Anda punya fanpage tapi kok masih sepi followers. Maka, Anda bisa menggunakan FB Ads, sehingga salah satu postingan di FP Anda tersebut bisa dibaca oleh pengguna FB lainnya meski Anda tidak mengenali mereka. Anda bahkan bisa memilih calon pembaca iklan tersebut usia berapa, domisili di mana, dan lainnya.

Yang ketiga, langsung.

Ini adalah cara β€œmenjemput bola”. Jadi, Anda memang harus mencari akun media sosial yang sekiranya termasuk target market Anda, atau mencari kontak WA hingga telegram. Kelemahannya, Anda butuh naskah yang tepat sehingga mereka orang yang tidak Anda kenal mau perlahan-lahan berteman dengan Anda dan kelak mengetahui Anda jualan apa.

Contohnya, Anda masuk di grup WA komunitas bisnis, kemudian Anda bisa japri anggotanya satu per satu, jelaskan kalau Anda dan dia itu satu grup di grup XXX, lalu Anda ingin kenal lebih jauh jadinya izin save nomernya, dan ajak dia save nomor Anda karena Anda suka berbagi tips bisnis lewat status WA.

Lebih detailnya, Anda bisa mengikuti training dari Indscript Corporation dengan pilihan training bisnis atau menulis. Training yang 1% ilmu dan 99% praktek ini memang mayoritas untuk perempuan, termasuk ibu rumah tangga (IRT). Pasalnya, profesi pebisnis atau penulis memang tepat bagi perempuan dari rumah, sehingga dengan adanya ilmu memudahkan mereka untuk tahu bagaimana cara berbisnis atau menjadi penulis.

Beberapa judul training yang pernah diadakan adalah Ngiklan Cantik Biar Jualan Banyak Yg Lirik, CLBK-In Jaringan Pemasaran Yang Pergi Lalu Balik Lagi Dan Jualan Lagi, Magnet Closingan Whatsapp, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai training terkini bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.