Tips bagi IRT yang Belajar Menulis Cerita

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel yang berjudul Tips Menulis yang Baik bagi IRT. Sementara artikel ini adalah kelanjutan dari artikel tersebut. Perlu diketahui, kalau lebih dari seribu judul buku sudah diterbitkan dan penulisnya dari kalangan ibu rumah tangga (IRT). Tapi, bagi sebagian IRT lain ada yang masih bingung bagaimana menulis dari nol. Nah, Anda bisa ikuti tips ini.

Yang pertama adalah pilih ide menulis dari kegiatan sehari-hari.

Hal ini akan memudahkan Anda ketika menulis di kemudian hari. Beberapa ide menulis bagi IRT adalah menulis pengalaman parenting dari pengalaman diri sendiri, menulis kreasi resep karena setiap hari suka memasak, menulis kegiatan bersama batita selama di rumah, dan masih banyak lagi.

Yang kedua adalah membuat outline.

Sudah menemukan ide? Maka selanjutnya adalah kembangkan dengan membuat outline. Beberapa istilah yang digunakan selain membuat outline adalah kerangka karangan, mind mapping, dan masih banyak lagi. Intinya adalah gambaran kasar kalau nantinya Anda akan menulis apa saja, yang dikembangkan dari ide tersebut. Outline juga memudahkan proses menulis Anda nantinya.

Yang ketiga adalah menulis di waktu yang tepat.

Anda juga harus mengenali waktu tepat menulis. Pasalnya, setiap orang punya jam menulis yang produktif berbeda-beda. Meski begitu, usahakan tidak menulis yang membuat Anda harus begadang, karena kesehatan juga yang nomor 1. Misalnya, Anda bisa menulis sebelum subuh ketika anak-anak belum bangun.

Yang keempat adalah konsisten menulis.

Ini hal yang paling penting dan hal yang paling susah dilakukan, yaitu konsisten menulis. Sebaiknya, Anda setiap hari harus menulis, meski waktunya hanya sebentar. Misalnya, Anda hanya bisa menulis 15 menit ketika bangun tidur dan sebelum melakukan kegiatan sebagai IRT. Meski sebentar, tapi konsisten itu yang penting.

Yang kelima adalah menulislah dahulu jangan memikirkan apakah bagus atau jelek.

Ini juga penting, karena banyak yang baru menulis tapi tidak bisa menyelesaikan tulisannya, karena merasa jelek sehingga sering dihapus. Padahal, tugas pertama Anda adalah menyelesaikan tulisan lalu ada masa seft editing yang membuat Anda bisa cek apakah ada yang jelek atau tidak.

Untuk memudahkan Anda mencapai impian tersebut, maka mudahnya silahkan mengikuti panduan di Writing Board (salah satu Superboard dari Indscript) yang memang didesain khusus untuk kalangan IRT.

Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain Launching Board for Mom, Writing Board for Mom, Social Media Board for Mom, Financial Board for Mom, Get Reseller Board, MLM’ers Success Board, Metrik Pencapaian, Dreamboard, dan masih banyak lagi. Informasi mengenai Superboard bisa ke Miss Indscript KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.