Tipe-tipe Kepemimpinan yang Harus Diketahui Pebisnis

Sebelum membaca, sebaiknya Anda sudah membaca artikel sebelumnya yang berjudul 10 Masalah Bisnis dan Solusinya yang Bisa Dilakukan Pebisnis, karena masih berkaitan dengan isi artikel ini. Salah satu hal lain yang harus Anda perhatikan, Anda termasuk tipe kepemimpinan yang mana? Pasalnya, setiap tipe punya kelebihan yang harus dikembangkan dan punya kelemahan yang harus dievaluasi. Umumnya, ada 2 tipe kepemimpinan, yaitu:

Satu, tipe dari atas ke bawah.

Tipe ini memang lebih banyak memerintah bawahan. Kelebihan tipe ini, jika Anda tergolong orang yang kreatif adalah lebih bisa mengarahkan anak buah, bisa memberi semangat kepada karyawan, dan bisa menjadi contoh bagi orang sekeliling. Tipe ini memang disegani oleh anak buah karena punya wibawa di hadapan mereka.

Meski begitu, tipe “dari atas ke bawah” ini juga ada kelemahan, yaitu tidak bsia menerima kritik atau saran dari anak buah. Padahal, terkadang anak buah punya ide yang menarik dan bisa Anda ikuti saran mereka. Maka, menjadi tipe ini harus berlatih menerima saran dari orang terdekat. Toh, demi kelangsungan bisnis Anda, kan?

Dua, tipe dari bawah ke atas.

Tipe ini tentu terbalik dari tipe sebelumnya, yaitu sangat mengandalkan anak buah. Terkadang, ada orang yang ketika menjadi pemimpin masih butuh dorongan dari orang terdekat, seperti tipe ini. Kelebihan tipe ini sangat terbuka sehingga anak buah bisa mengemukakan pendapat. Tentu saja, karyawan akan merasa lebih dihargai ketika idenya diterima.

Namun, kelemahan tipe ini kurang punay wibawa di hadapan anak buah jadi seorang kurang bisa memberi motivasi. Umumnya, orang dengan tipe ini kurang percaya diri ketika harus berhadapan atau mengelola bawahannya. Maka, harus belajar bagaimana menjadi pemimpin yang dihargai oleh anak buah. Misalnya, merasa bingung ketika harus mengelola reseller, sehingga harus berlatih dan terus berlatih nanti kelak pasti bisa menjadi pemimpin yang bisa membuat keputusan.

Lalu ada pertanyaan, “Tipe mana yang ideal menjadi pemimpin?”

Tentu jawabannya adalah, keduanya. Anda bisa menempatkan diri kapan harus bersikap tegas menjadi pemimpin dan kapan bisa bersikap terbuka terhadap ide-ide dari anak buah.

Untuk mendukung Anda menjadi pemimpin, memang perlu diasah. Anda bisa memetakan mimpin menjadi pebisnis yang profesional, dengan mengisi Dreambord (salah satu Superboard dari Idnscript) sesuai instruksi di dalamnya.
Superboard sebagai alat yang membantu Anda bisa berbisnis atau menjadi penulis dari rumah, tanpa melupakan tugas utama sebagai ibu rumah tangga (IRT). Antara lain membantu membuat manajemen waktu, menentukan target, dan meraih impian. Informasi mengenai Superboard bisa KLIK DI SINI.

Anda punya pertanyaan soal bisnis atau menulis? Silahkan tulis di komentar akan kami jawab lewat artikel berikutnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: